Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsons Buka-bukaan soal "I Love You"

Kompas.com - 16/01/2017, 22:28 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup band Samsons baru-baru ini mengeluarkan single terbaru berjudul "I Love You" yang diberi sentuhan orkestra dari Budapest Scoring Symphony Orchestra.

Namun, ada fakta menarik yang dibeberkan oleh sang gitaris, Irfan Aulia Irsal. Apakah itu?

"Single kami 'I love You' ini sebenarnya ditulis bukan untuk ditambahkan orkestra di dalamnya. Malah ini sebenarnya cadangan, kalau misalnya ada waktu lebih direkam sekalian," ujarnya saat berkunjung ke Gedung Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Barat, Jakarta, Senin (16/1/2017).

Bahkan, single tersebut, kala itu sebenarnya sudah menjadi master lagu cadangan Samsons. Namun, di tengah jalan Irfan dkk punya ide untuk memasukkan unsur musik orkestra ke dalamnya.

Semula hanya enam lagu lain yang akan diberi sentuhan strings, woodwinds, brass, dan perkusi. Tetapi, karena proses memasukkan aransemen orkestra untuk enam lagu lainnya lebih cepat selesai dari target waktu, maka dimasukkanlah lagu "I Love You".

KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Grup band Samsons mengenalkan single terbaru mereka yang berjudul 'I Love You' di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Barat, Jakarta, Senin (16/1/2017).
"Jadi kebetulan gue nulisnya waktu itu tujuh scoring piece. Lagu 'I Love You' ini justru enggak kami prioritasin. Jadi setelah bawa tujuh piece itu, ternyata masih kesisa waktu. Ya sudah mainin deh. Orkestranya mainnya cepet banget, jadilah lagu ini ditambahi orkestra," ujarnya.

Lagu yang awalnya hanya cadangan itu pun terpilih menjadi single untuk album kelima Samsons. Tetapi konsekuensinya, peluncuran single mereka yang semula direncanakan Oktober tertunda hingga Desember 2016.

"Itu fakta, baru sekali cerita nih. Jadi kami bikin dua video. Satu video lirik yang non-orkestra, nanti official video klipnya ada orkestranya," ujar Irfan.

"Awalnya kami coba cari orkestra terbaik di dunia. Salah satunya ada di Budapest orkestranya. Ya sudah kami kontak mereka dan ternyata dibales. Enggak sulit berkomunikasi sama mereka karena mereka juga welcome sama musisi luar Budapest," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com