Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produser "Istirahatlah Kata-kata" Punya Alasan Dahulukan Festival Internasional

Kompas.com - 17/01/2017, 15:35 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Film biografikal (biographical film) atau biopic berjudul Istirahatlah Kata-kata diputar lebih dulu dalam festival-festival film internasional daripada di gedung-gedung bioskop Tanah Air.

Yulia Evina Bhara (Evi), produser film tentang Wiji Thukul, sastrawan dan aktivis peduli hak asasi manusia yang hilang pada 1998, itu mengungkapkan alasan pihaknya mengambil langkah tersebut.

Evi mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh pihaknya itu bukan karena film tersebut sulit masuk jaringan gedung bioskop di dalam negeri.

"Sebenarnya tidak ada yang sulit. Kami memang pilih menayangkan ke berbagai festival karena mereka (penyelenggara festival) menerima," ucap Evi dalam jumpa pers film tersebut di Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Senin (16/1/2017).

Evi menerangkan bahwa film itu dibuat sebagai sebuah catatan mengenai sebagian sejarah Indonesia. Butuh riset selama tiga tahun untuk meramunya.

Ia berharap film tersebut bisa merangsang para pelaku industri film untuk melahirkan film-film lain bergenre biopic.

"Film ini bukan film berbiaya besar. Kami harus mengenalkan dengan strategi-strategi. Kami memulai dari festival agar bisa berkenalan dengan masyarakat internasional juga," ucapnya lagi.

"Walau film ini berkelana ke luar negeri ke berbagai ajang festival, sejatinya film ini adalah untuk Indonesia, untuk generasi Indonesia," ujarnya.

Untuk film itu, Yosep Anggi Noen, sang sutradara, serta Evi dan tim mereka melibatkan lebih banyak pemain teater daripada artis.

Film tersebut dimainkan oleh Marissa Anita, Eduwart Boang, Dhafi Yunan, Joned Suryatmoko, Gunawan Maryanto, dan penyanyi Melanie Subono.

Namun, itu bukan berarti mereka meremehkan kualitas akting artis.

"Aktor-aktor kami adalah yang menguasai panggung. Mereka adalah pemain teater. Karakter film saya adalah karakter yang mengeksplorasi ruang. Saya butuh aktor yang memang mampu menguasai ruang dan set," jelas Anggi.

Anggi mengaku tak mengalami kesulitan ketika mengarahkan para pemain teater itu, karena mereka sudah mengerti karakter masing-masing.

"Tidak ada gerakan fals dari mereka. Mereka menguasai akting secara keseluruhan," tutur Anggi, yang mengaku sejak SMP mengenal puisi-puisi Wiji.

Film Istirahatlah Kata-kata akan diputar di jaringan gedung bioskop Tanah Air mulai 19 Januari 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com