Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shakira Terima Penghargaan Kemanusiaan dari World Economic Forum

Kompas.com - 17/01/2017, 20:10 WIB

DAVOS, KOMPAS.com -- Bintang musik Shakira--yang merupakan duta besar UNICEF dan pendiri Pies Descalzos Foundation, yang menyediakan pendidikan bagi anak-anak di Kolombia--menerima penghargaan kemanusiaan dari World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss.

"Kita seharusnya sedih, pada 2017 masih ada 250 juta anak berusia di bawah lima tahun yang masih berisiko, yang kemungkinan akan terhambat secara fisik dan intelektual," kata Shakira pada Senin (16/1/2017) waktu setempat, dalam pidatonya ketika menerima WEF Crystal Award, yang dikutip oleh Billboard.

"Sekarang kita lihat hal itu. Kita bicara tentang hampir semua penduduk Amerika Serikat. Ini sebuah tragedi bagi anak-anak dan kegagalan yang luar biasa besar bagi kita semua," sambungnya.

Shakira mendesak pemerintah global, pebisnis, dan pemimpin akademisi untuk mengadvokasi anak-anak dunia.

"Kita perlu menerapkan otak dan strategi bisnis dan aset dan sumber daya manusia dan bakat dari perusahaan Anda untuk berbuat baik dalam hal sosial dan untuk memecahkan masalah sosial," ujarnya dengan penuh semangat dalam bahasa Inggris.

"Anak-anak saat ini akan mendorong bisnis nantinya. Kapasitas mereka untuk berkontribusi akan membentuk masyarakat nantinya, akan memecahkan masalah kemudian hari," sambungnya.

WEF juga memberi penghargaan kemanusiaan untuk pemain biola Anne-Sophie Mutter, yang memberi beasiswa dan bantuan finansial untuk para pemusik muda.

Aktor Forest Whitaker, yang telah bekerja sebagai advokat untuk pemberdayaan pemuda dalam lingkungan yang keras dan miskin, juga mendapat penghargaan kemanusiaan dari WEF.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com