Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fariz RM: Jadilah Penyanyi Jujur Tanpa Bantuan Teknologi

Kompas.com - 22/01/2017, 18:50 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi senior Fariz Rustam Munaf atau Fariz RM (58) menyayangkan masih ada penyanyi yang menggunakan teknologi untuk vokalnya.

"Mari kita mulai dengan orang yang jujur. Jadilah penyanyi yang jujur dan bukan dibantu dengan teknologi," katanya dalam wawancara di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (20/1/2017) malam.

Pelantun "Sakura" ini berharap para "penyanyi teknologi" itu mencoba jujur paling tidak kepada dirinya sendiri akan kemampuan olah vokal mereka.

Ia berpendapat jangan sampai hal itu menjadi alasan menggunakan teknologi untuk memerdukan suara dengan bantuan teknologi.

Namun Fariz berpandangan yang paling berperan soal itu adalah industri musik Indonesia.

Di mana saat ini banyak orang 'dipaksa' menjadi penyanyi hanya karena faktor popularitas, tanpa melihat kualitasnya.

"Industri musik kita enggak mau berusaha mencari yang baru. Buat saya, industri kita yang harus disikapi dengan benar. Udah bukan zaman lagi makan rezeki orang lain. Jadilah yang benar, kita harus berubah," ucapnya.

Itulah mengapa paman penyanyi Sherina Munaf ini menyebut bahwa industri musik Tanah Air sebagai industri yang manja.

"(Musisi muda sekarang) bagus-bagus. Yang terus terang yang harus dibenahi itu industrinya. Industri kita itu manja," ujarnya.

Fariz menambahkan begitu banyak talenta hebat yang dimiliki dunia musik Indonesia. Yang benar-benar berkualitas dari segi vokal dan musikalitas.

"Misalnya Joey Alexander. Saya sebagai penulis lagu melihat Tulus dan Raisa menarik sekali. Talentanya yang istilahnya multiteknis, misal Isyana Sarasvati, hampir mengusai semua teknik vokal, sinden juga," kata Fariz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com