Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Perjalanan Karier Musisi K-pop San E

Kompas.com - 28/01/2017, 14:34 WIB

KOMPAS.com - Jung San atau lebih dikenal dengan nama panggung San E, adalah penyanyi rap asal Korea Selatan yang dikontrak di bawah Brand New Music.

Dia sebelumnya menandatangani kontrak dengan JYP Entertainment, di mana ia diklaim menjadi rapper solo pertama  label tersebut. Dia kemudian menjelma menjadi salah satu rapper yang paling sukses di musik mainstream Korea.
 
San E lahir di Korea Selatan. Dia pindah dengan keluarganya ke Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, ketika masih duduk di bangku sekolah menengah, karena orangtuanya berjuang secara finansial akibat dari krisis keuangan Asia pada 1997 lalu. Dia kuliah di University of Georgia, di mana ia mengambil jurusan desain grafis.
 
San E merilis mixtapes pertamanya, "Ready To Be Signed" dan "Ready To Be Famous" pada 2008 dan 2009.

Sebagai cara untuk menarik perhatian musik yang ia rilis sendiri, San E dengan bercanda mengejek salah satu rapper underground terkenal, Verbal Jint, di salah satu lagunya. Ejekan ini membuatnya diperhatikan oleh komunitas hip hop Korea dan dari Verbal Jint sendiri, yang akhirnya mengundang San E untuk bergabung dengan kru hip hop-nya, Overclass.
 
San E meraih Best Hip Hop Song pada 2010 Korea Music Awards untuk lagu "Rap Genius". Segera setelah itu, ia menjadi rapper solo pertama yang dikontrak oleh JYP Entertainment, salah satu dari "tiga besar" label di industri k-pop.

Pada September itu, ia merilis mini-album pertamanya, Everybody Ready?, yang menampilkan sesama artis JYP Entertainment, yakni Min (Miss A), dan Joo dan Yeeun (Wonder Girls).

Dia memulai debutnya beberapa hari kemudian di acara musik televisi M Countdown dengan single "Tasty San" menampilkan Min. Pada November, San E memulai putaran lain dari promosi untuk single, "LoveSick", dengan video yang dibintangi rekan satu labelnya, Sohee dari Wonder Girls.
 
Pada 2011, San E merilis beberapa single, termasuk "Please Don't Go" sebuah kolaborasi dengan rapper Outsider dan penyanyi Lee Changmin (2AM).

Lagu ini mencapai #14 di Gaon Digital  Chart, menjadi lagunya dengan posisi tertinggi di chart sejak dikontrak di bawah JYP Entertainment.

Dia juga berkolaborasi tahun itu dengan Verbal Jint, Beenzino, Swings, dan seniman lainnya pada single "Stand Up,  Japan!" yang merupakan upaya bantuan di Jepang setelah Tohoku tsunami.
 
Pada April 2013, kontrak San E berakhir dengan JYP Entertainment, mengatakan bahwa ia pergi dengan hubungan yang tetap baik. Juni itu, ia bergabung label hip hop Brand New Music, rumah bagi rekan Overclass-nya Verbal Jint.

San E mengalami hit #1 pertamanya di Gaon Digital Chart dengan lagu, "Story of Someone I Know" dari album  Not' Based on the True Story.

Tiga single berikutnya,"Where Did You Sleep?" (feat. Verbal Jint and Swings), "Break-Up Dinner" (feat. Sanchez of Phantom),dan "What's Wrong With Me" (feat. Kang Min Hee),  semua mencapai sepuluh besar di Gaon Digital Chart.
 
Keberhasilan San E dilanjutkan dengan "A Midsummer Night's Sweetness", single kolaborasi dengan Raina dari kelompok k-pop After School. Lagu ini adalah hit instan dan mencapai #1 di sepuluh chart musik tak lama setelah debutnya.

Lagu tersebut meraih penghargaan tahun itu di Gaon Chart Awards, MelOn Music Awards, dan Seoul Music Awards.

Berikutnya single "Body Language" (feat. Bumkey), juga merupakan hit #1 baik di Gaon Digital Chart dan tujuh real-time chart musik Korea tak lama setelah rilis.
 
Nah, pada 2017 ini, San E kembali merilis album terbarunya, Season Of Suffering yang terdiri dari 7 track yang sudah dapat diunduh dan disaksikan secara streaming di saluran musik berikut ini.

iTunes -- https://geo.itunes.apple.com/id/album/season-of-suffering/id1198065403?mt=1&app=music
Apple Music -- https://itun.es/id/7BqAhb
Spotify -- https://open.spotify.com/album/6kCnTampsJFEMYXIpbZr9W
Joox -- http://www.joox.com/id/en/#/albumDetail?id=1828346
Yonder -- Search: San E
Langit Musik -- http://www.langitmusik.co.id/search/Melon -- http://www.melon.co.id/id/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com