Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Christine Hakim Pernah Dikira Pedagang Batik oleh Sharon Stone

Kompas.com - 07/02/2017, 10:27 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Artis peran Hollywood Sharon Stone rupanya pernah menyangka aktris senior Tanah Air, Christine Hakim (60), seorang pengusaha batik.

Christine mengatakan, peristiwa itu terjadi ketika ia menghadiri Festival Film Cannes pada 2002.

"Saya dibilang sama Sharon Stone, 'Kamu diler batik ya?' Ha-ha-ha," ujar pemain film Boven Digoel itu di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Senin (6/2/2017).

Ketika itu Christine membawa banyak kain batik yang ia bagi-bagikan kepada para juri Cannes dan para aktor dunia yang ditemuinya, termasuk Stone.

Belum lagi, pemain film Tjoet Nja' Dhien (1988) itu hadir dengan mengenakan kebaya bordir emas pada bagian kerah dipadukan bawahan sarung batik.

"Saya senang waktu Sharon Stone pakai ikat kepala (motif batik). Terus ada di majalah-majalah Amerika dan Eropa. Saya senang juga dia pakai," ucap Christine sambil tersenyum.

"Orang kan mungkin mau pakai gaun gitu ya biar sama dengan bintang Hollywood. Tapi saya pikir yang sesuai kepribadian saya, saya cocoknya pakai etnik. Indonesia kaya akan etnik, kenapa enggak pakai asli Indonesia," tambahnya.

Christine mengaku mengoleksi beberapa busana bermotif batik, meskipun tidak begitu banyak. Ada beragam jenis, dari yang berwarna-warni hingga batik sogan, jenis batik klasik Indonesia.

"Biasanya kalau untuk ke luar negeri, saya lebih senang pakai sogan karena karismanya luar biasa. Lebih magis, ketimuran, dan etnisnya lebih muncul. Kalau dalam negeri lebih banyak colorfull, kan tropis ya," ucap Christine.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com