Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Tompi Saat Kehabisan Ide Menulis Lirik Lagu

Kompas.com - 14/02/2017, 15:53 WIB
Kontributor Sains, Yulianus Febriarko

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Vokalis jazz Tompi mengungkapkan strateginya ketika mengalami kebuntuan ide dalam menulis lirik-lirik lagu. Apa itu?

"Saya biasanya kalau kehabisan ide buat nulis lirik, saya biasanya baca-baca buku puisi," kata Tompi dalam wawancara usai tampil dalam gelaran Mocosik Festival 2017 di Jogja Expo Center, Yogyakarta, Senin (13/2/2017) malam.

Baginya, buku-buku puisi bisa menjadi inspirasi untuk mencari angle atau sudut pandang baru ketika menulis lirik lagu.

"Bukan untuk meniru cara berceritanya, tetapi untuk cari angle aja. Misal saya banyak nulis soal tema cinta. Cuma, angle-nya kan pasti beda. Kalau enggak beda misalnya ngomongin orang selingkuh ya caranya sama. Makanya, saya baca buku-buku itu buat nyari angle-nya," ujarnya.

Selain itu, ia mengaku juga banyak mencari inspirasi menulis lirik lagu dari membaca buku-buku lain ataupun menonton film.

"Saya sebenernya kalau baca juga random gitu. Kadang cuma browsing gitu, apa aja. Kadang-kadang juga nonton film atau apapunlah yang ada visual dan bacaannya," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com