Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Garin Nugroho Hadapi Perubahan Zaman

Kompas.com - 16/02/2017, 21:36 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Garin Nugroho ternyata punya strategi khusus agar karya-karyanya tetap memiliki rasa masa kini. Bagaimana caranya?

Kata Garin, dengan berganti-ganti asisten sutradara dan selalu memilih yang muda bisa menjadi solusinya.

"Biasanya saya tiap periode selalu mengajak asisten-asisten baru," ucapnya dalam wawancara di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (13/2/2017).

"Iya saya memang gitu karena saya perlu bertumbuh dengan anak muda juga untuk menghadapi zaman. Saya udah Ronin, Romo Garin ha-ha-ha," imbuh Garin.

Nama-nama sutradara kawakan saat ini, contohnya Riri Riza dan Hanung Bramantyo, lanjut Garin, pernah membantunya sebagai astrada. Sutradara film London Love Story, Asep Kusdinar, pun juga sempat menjadi asisten sutradaranya.

Kali ini dalam film terbarunya, Moon Cake Story, Garin melibatkan seorang sineas muda lulusan Institut Kesenian Jakarta.

"Saya menumbuhkan generasi baru. Itu bagian cara kerja saya, tiap periode selalu membawa asisten baru," kata Garin.

Film berjudul Gerbong Satu, Dua produksi 1984 merupakan karya perdana Garin sebagai sutradara. Setelah itu, selama 35 tahun berkarier, ia sudah melahirkan sekitar 24 film.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com