Garap "Bukaan 8", Angga Dwimas Sasongko Merasa seperti Pulang ke Rumah - Kompas.com

Garap "Bukaan 8", Angga Dwimas Sasongko Merasa seperti Pulang ke Rumah

Tri Susanto Setiawan
Kompas.com - 20/02/2017, 17:43 WIB
KOMPAS.com/TRI SUSANTO SETIAWAN Angga Dwimas Sasongko (paling kanan) bersama (dari kiri ke kanan) Salman Aristo, Lala Karmela, dan Chicco Jerikho menghadiri pemutaran film Bukaan 8, di Epicentrum Walk XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Senin (20/2/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara Angga Dwimas Sasongko (32) mengaku seperti kembali ke rumah ketika menggarap  Bukaan 8 karena cerita film itu merupakan adaptasi dari kisah  kelahiran anak pertama Angga.

Hal itu disampaikan oleh Angga setelah pemutaran film Bukaan 8 di Epicentrum Walk XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Senin (20/2/2017).

"Saya sempat ke Ambon, ngubek-ngubek tentang kopi, ke Praha. Saya kangen pengin pulang ke rumah. Saya ingin bikin film yang dekat sama saya dan materi yang bisa disentuh banyak orang," kata Angga, yang menyutradarai film-film Cahaya dari Timur: Beta Maluku (2013), Filosofi Kopi (2015), dan Surat dari Praha (2016).

Cerita Bukaan 8 diadaptasi dari kisah kelahiran anak pertama Angga dan istrinya, Anggia Kharisma. Cerita tersebut diramu oleh Angga bersama produser film itu, artis peran Chicco Jerikho.

Keterlibatan Salman Aristo sebagai penulis skenario Bukaan 8 juga membuat Angga bagai kembali ke rumah.

Angga mengungkapkan bahwa, sejak ia duduk di SMA, Salman-lah yang mendorongnya untuk berani masuk dunia film. Lanjut Angga, Salman pulalah yang membantunya menggarap film pertamanya.

"Kami kayak punya romantisme 11 tahun lalu. Bikin ini rasanya seperti pulang. Bikin film enggak kayak beban, kayak zaman enggak ngerti apa-apa bikin film. Kalau tiga film terakhir kan cenderung berat," ujar Angga.

Angga mengungkapkan pula bahwa ia ingin menjadikan Bukaan 8  kenang-kenangan bagi sang anak jika sudah besar nanti.

"Film adalah medium sebagai catatan waktu. Kalau anak saya nonton film itu nanti, dia akan melihat, apa sih relevansi yang dibuat saat itu," terangnya.

Film Bukaan 8 berkisah tentang Alam (Chicco Jerikho) dan Mia (Lala Karmela). Mereka pasangan milenial, yang bertemu dan jatuh cinta di dunia maya.

Pernikahan Mia dengan Alam tidak direstui oleh keluarga Mia. Mereka menganggap Alam tak punya pekerjaan tetap dan hanya asyik dengan media sosial.

Kelahiran anak Alam dan Mia menjadi momen bagi Alam untuk membuktikan kepada orangtua Mia bahwa ia seorang suami andalan.

Selain dibintangi oleh Chicco dan Lala, film itu juga menghadirkan Maruli Tampubolon, Tio Pakusadewo, Sarah Sechan, Roy Marten, dan Nadine Alexandra.

Film itu akan mulai diputar pada 23 Februari 2017 di semua gedung bioskop Tanah Air.

PenulisTri Susanto Setiawan
EditorAti Kamil
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM