Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garap "Bukaan 8", Angga Dwimas Sasongko Merasa seperti Pulang ke Rumah

Kompas.com - 20/02/2017, 17:43 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara Angga Dwimas Sasongko (32) mengaku seperti kembali ke rumah ketika menggarap Bukaan 8 karena cerita film itu merupakan adaptasi dari kisah  kelahiran anak pertama Angga.

Hal itu disampaikan oleh Angga setelah pemutaran film Bukaan 8 di Epicentrum Walk XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Senin (20/2/2017).

"Saya sempat ke Ambon, ngubek-ngubek tentang kopi, ke Praha. Saya kangen pengin pulang ke rumah. Saya ingin bikin film yang dekat sama saya dan materi yang bisa disentuh banyak orang," kata Angga, yang menyutradarai film-film Cahaya dari Timur: Beta Maluku (2013), Filosofi Kopi (2015), dan Surat dari Praha (2016).

Cerita Bukaan 8 diadaptasi dari kisah kelahiran anak pertama Angga dan istrinya, Anggia Kharisma. Cerita tersebut diramu oleh Angga bersama produser film itu, artis peran Chicco Jerikho.

Keterlibatan Salman Aristo sebagai penulis skenario Bukaan 8 juga membuat Angga bagai kembali ke rumah.

Angga mengungkapkan bahwa, sejak ia duduk di SMA, Salman-lah yang mendorongnya untuk berani masuk dunia film. Lanjut Angga, Salman pulalah yang membantunya menggarap film pertamanya.

"Kami kayak punya romantisme 11 tahun lalu. Bikin ini rasanya seperti pulang. Bikin film enggak kayak beban, kayak zaman enggak ngerti apa-apa bikin film. Kalau tiga film terakhir kan cenderung berat," ujar Angga.

Angga mengungkapkan pula bahwa ia ingin menjadikan Bukaan 8  kenang-kenangan bagi sang anak jika sudah besar nanti.

"Film adalah medium sebagai catatan waktu. Kalau anak saya nonton film itu nanti, dia akan melihat, apa sih relevansi yang dibuat saat itu," terangnya.

Film Bukaan 8 berkisah tentang Alam (Chicco Jerikho) dan Mia (Lala Karmela). Mereka pasangan milenial, yang bertemu dan jatuh cinta di dunia maya.

Pernikahan Mia dengan Alam tidak direstui oleh keluarga Mia. Mereka menganggap Alam tak punya pekerjaan tetap dan hanya asyik dengan media sosial.

Kelahiran anak Alam dan Mia menjadi momen bagi Alam untuk membuktikan kepada orangtua Mia bahwa ia seorang suami andalan.

Selain dibintangi oleh Chicco dan Lala, film itu juga menghadirkan Maruli Tampubolon, Tio Pakusadewo, Sarah Sechan, Roy Marten, dan Nadine Alexandra.

Film itu akan mulai diputar pada 23 Februari 2017 di semua gedung bioskop Tanah Air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com