Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parfi 1956 Dukung Gerakan Bandung Hantam Hoax

Kompas.com - 20/02/2017, 20:08 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) 1956 Marcella Zalianty ambil bagian dalam deklarasi Bandung Hantam Hoax yang digelar di Alun-alun Bandung, Jalan Asia Afrika, Senin (20/2/2017).

Marcella mendukung gerakan sosial itu dengan alasan banyak anggota Parfi yang merupakan pekerja seni peran kerap menjadi objek informasi palsu atau berita bohong.

"Kami dari Parfi sebagai insan film sangat mendukung gerakan Bandung Hantam Hoax untuk menciptakan media for world harmony. Mungkin kami di sini juga rata-rata pernah juga menjadi korban hoax dan khususnya kami di dalam perfilman (artis)," ucap Marcella di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum.

Marcella menilai, keberadaan berita hoax di Indonesia sudah kian memprihatinkan. Menurut dia, munculnya sumber informasi yang tak bisa dipertanggungjawabkan bisa memicu pertikaian di masyarakat.

"Karena sesungguhnya kita sama-sama sudah merasakan betapa mengkhawatirkannya hoax ini apalagi menjelang Pilkada DKI Jakarta dan Pilkada seluruh daerah. Jujur, hoax ini menyebarkan pertikaian di antara sesama. Masyarakat terpecah bisa menimbulkan hal negatif dan meruntuhkan kerekatan nilai kebangsaan," ungkapnya.

Melihat kondisi itu, kata Marcella, para pekerja seni peran di bawah naungan Parfi bersedia menjadi corong untuk mengampanyekan aksi melawan hoax.

"Parfi yang isinya pekerja seni peran yang punya followers banyak sekali, mereka ini bisa jadi corong bicara untuk menggerakan agar masyarakat lebih aware terhadap hoax ini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com