Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tria "The Changcuters" Nikmati Tantangan Mengisi Suara Film Animasi

Kompas.com - 24/02/2017, 21:07 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Vokalis Tria "The Changcuters" menjadi pengisi suara untuk film animasi Pasoa & Sang Pemberani. Ia mengisi suara karakter Amet Mude, pemuda yang terpanggil untuk menumpas monster Pasoa.

Untuk pengalaman kali pertamanya menjadi pengisi suara, Tria mengaku cukup kesulitan.

"Mengisi suara animasi paling sulit. Kalau akting kan sudah tahu lawan main dan set. Kalau isi suara itu bayangan kotak-kotak," kata Tria di sela acara jumpa pers Pasoa & Sang Pemberani di CGV Blitz Grand Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (24/2/2017).

Pemilik nama lengkap Mohammad Tria Ramadhani itu harus menyelaraskan intonasi suaranya dengan gerakan karakter Amet Mude. Kesulitan semakin terasa kala Tria mengisi suara marah.

"Gua harus membayangkan. Kalau akting marah-marah sih bisa. Kalau di animasi, gua marah harus gimana? Tapi itu kerennya di sini. Gua nge-take itu berurutan dari awal sampai akhir," ujar dia.

Tria mengatakan, proses pengisian suara hanya berlangsung satu hari di SMK Raden Umar Said, Kudus, Jawa Timur. Namun, latihannya dia jalani selama beberapa pekan.

"Gua enjoy banget. Gua pengin lagi. Take sehari di Kudus," kata dia.

Film animasi Pasoa & Sang Pemberani merupakan karya dari 38 siswa kelas sembilan dan sepuluh SMK Raden Umar Said. Mereka merampungkan proyek itu selama 15 bulan dengan dibantu pembimbing lokal dan masukan dari tenaga ahli luar negeri.

Pasoa & Sang Pemberani bercerita tentang kearifan lokal budaya Indonesia. Pasoa adalah makhluk mitologi perpaduan beberapa jenis hewan di Indonesia. Ia hadir untuk melindungi kekayaan hayati dan menjaga keseimbangan alam di Indonesia dari tangan-tangan penguasa zalim.

Selain Tria, masih ada sederet artis kenamaan Indonesia yang ikut dilibatkan sebagai pengisi suara, yakni Tio Pakusadewo. Sementara penyanyi Isyana Saravati dipercaya untuk mengisi lagu tema film itu dengan nyanyiannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com