Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Gold": Cerita Skandal Tambang Emas di Kalimantan ala Hollywood

Kompas.com - 02/03/2017, 16:03 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Skandal penipuan tambang emas Bre-X, yang terjadi pada pertengahan 1990-an di Kalimantan Timur, menjadi sumber inspirasi film drama thriller berjudul Gold.

Kasus Bre-X bermula ketika perusahaan tambang asal Kanada itu mengumumkan bahwa mereka menemukan 6.200 ton emas di Busang, Kalimantan Timur. Hal itu mengakibatkan saham Bre-X melambung tinggi.

Namun, rupanya, penemuan emas itu merupakan penipuan besar-besaran yang merugikan  banyak pihak. Sebab, berdasarkan hasil penelitian, terbukti tidak ada emas seperti yang diungkapkan oleh Bre-X.

Plot cerita film tersebut tak jauh berbeda dengan kisah aslinya. Dalam film berdurasi 120 menit itu dikisahkan bahwa Kenny Walsh (Matthew McConaughey), seorang pebisnis tambang, bekerja sama dengan ahli geologi bernama Michael Acosta (Edgar Ramirez) untuk mencari tambang di pedalaman Indonesia.

Perjalanan mencari emas bukanlah hal yang mudah bagi Kenny atau Mike. Mereka harus tinggal di hutan dengan cuaca tidak menentu, penemuan tambang dengan sampel buruk, ditinggalkan para pekerja, hingga Kenny terserang penyakit malaria.

Kendati begitu, keduanya tak pernah menyerah hingga mereka menemukan titik-titik penggalian dengan emas berkualitas bagus.

Lantas, penemuan itu membuat harga saham perusahaan Kenny, yakni Washoe Mining Corporation, melonjak drastis. Tawaran bisnis dan kerja sama semakin banyak datang, bahkan dari pesaingnya.

Bisnis miliaran dolar AS tersebut juga menjadi sorotan media.

Mood para penonton dibawa naik-turun. Kejutan tak terduga di beberapa scene membuat film itu kian menarik. Salah satunya, ketika Kenny dan Mike bertemu dengan anak Suharto guna membicarakan bisnis tambang emas tersebut

Film itu tak melulu soal uang, saham, emas, penipuan, atau korupsi. Bumbu-bumbu cinta juga menjadi pemanis.

Ada adegan ketika Kay (Bryce Dallas Howard), kekasih Kenny, senantiasa mendukung apa yang dilakukan oleh orang terkasihnya tersebut. Mereka juga berkhayal memiliki rumah besar di sebuah padang luas apabila bisnis tambang Kenny berhasil.

Meski demikian, hubungan Kenny dan Kay sempat renggang lantaran perselingkuhan. Hubungan Kenny dan Mike sebagai rekan kerja juga akrab.

Karakter Edgar Ramirez, yang tenang, tidak menggebu-gebu, berhasil menjadi penyeimbang karakter Matthew McConaughey, yang bersemangat dan antusias.

Namun, shooting film yang ceritanya terinspirasi oleh skandal di Indonesia itu tidak dilakukan di Indonesia. Potongan gambar Jakarta zaman dahulu merupakan footage lama, sedangkan gambar-gambar di pedalaman hutan Kalimantan diambil di Thailand.

Bagaimana akhir film Gold mengisahkan skandal Bre-X? Tonton saja film itu di gedung-gedung bioskop Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com