Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hip Hop di Mana-mana dalam Java Jazz Festival 2017

Kompas.com - 05/03/2017, 10:11 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Lagu-lagu hip hop dari sejumlah artis musik Indonesia mengentak Java Jazz Stage (Outdoor 1) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (4/3/2017) malam.

Grup hip hop Sweet Martabak tampil dalam Java Jazz Festival 2017 hari kedua dengan dua lagu populer mereka pada era 1990-an, "Cewek Matre" dan "Ti Di Dit".

"Selamat Malam Java Jazz. What's up Java jazz. Lo nonton hip hop kayak nonton jazz, I hope you dance. Kami agak heran juga sih ada hip hop di Java Jazz. Tapi, respect sama musik Indonesia," ucap salah satu personel Sweet Martabak, Lingo alias Ferri di panggung.

Pertunjukan itu kemudian dilanjutkan oleh kelompok hip hop lain Tanah Air yang juga berjaya pada era 1990-an, NEO.

Mereka mengawali penampilan dengan singel terbaru, yang berjudul "Curhat Lagi" dan dirilis  pada 2016. Mereka melanjutkannya dengan lagu "Positivity" dari album keenam.

Grup yang melejit karena lagu "Borju" itu  menutup penampilan mereka dengan hit "Muke Lu Jauh".

Rapper Iwa K kemudian muncul dan mengentak dengan dua dari lagu-lagu populernya, "Nombok Dong" dan "Batman Kasarung".

"Java Jazz Festival, mungkin ini masuknya free jazz kali ya, free aja gitu. Filosofinya jazz kan free," ucap Iwa di sela aksinya.

Kemudian, ayah dua anak itu memberi sentuhan romantis untuk para penonton melalui "Bersamamu" dan "Ku Ingin Kembali".

Iwa juga membuat para penonton ikut bernyanyi dalam salah satu hit-nya, "Bebas".

"Thank you for making hip hop live. Terima kasih semuanya, assalamulaikum semuanya," seru Iwa lalu menyanjikan lagu "Malam Indah" berkolaborasi dengan NEO dan Sweet Martabak sebagai suguhan terakhir.

Hip hop juga disuguhkan di panggung-panggung lain pesta jazz tahunan yang ke-13 itu. Ada grup hip hip dari AS, Naughty by Nature, yang tampil di BNI Stage.

Trio Treach, Vin Rock, dan DJ Kay Gee tersebut memeriahkan malam yang semakin larut di Java Jazz Festival 2017 dengan "Opp", "Guard Your Grill", "Craziest', "It's On", dan "Respect".

Sajian grup peraih Grammy Awards itu menyeruak ke segala penjuru ruang pertunjukan, membuat puluhan penonton melompat dan bergoyang mengikuti irama.

Naughty by Nature juga membawakan lagu-lagu milik artis-artis musik lain, yaitu "This is How We Do It", yang dipopulerkan oleh Montell Jordan, "God is Us" milik Queen Latifah, serta mash-up "Everything's Gonna Be Alright" dan "No Woman No Cry" milik Bob Marley.

Para penonton lalu dibawa bernostalgia oleh Treach dan kawan-kawan dengan menyuguhkan medley lagu-lagu Tupac Shakur, yang berjaya pada 1990-an.

"Its's Saturday night and it's time to party!" seru Vin Rock dari panggung.

Kemudian, lagu "Hip Hop Hooray" dari album 19 Naughty III mengundang para penonton untuk melompat dan bergoyang lagi. Lagu tersebut menutup penampilan mereka dalam Java Jazz Festival 2017 hari kedua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com