Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandai Besi: Lagu Sendiri

Kompas.com - 06/03/2017, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Grup Pandai Besi adalah band yang dibentuk para personel Efek Rumah Kaca pada 2012. Setelah empat tahun memainkan lagu-lagu Efek Rumah Kaca dalam bentuk baru, mereka bersiap mengeluarkan lagu ciptaan sendiri yang berjudul "Rintik".

"Tanggal 3 Maret kami melepas lagu itu di banyak layanan streaming. Lagunya kami mainkan untuk pertama kali di Jakarta dalam acara Festival Film Musik Makan," kata pemain keyboard Pandai Besi, Muhammad Asranur atau Asra, di Jakarta, Jumat (24/2).

Lagu itu pernah dibawakan ketika mereka manggung di Solo, November tahun lalu. Pemain bas mereka, Poppie Airil, yang menciptakan lagunya.

Menurut Asra, saat ini mereka sudah punya empat lagu ciptaan sendiri, tetapi baru "Rintik" yang dianggap paling siap diedarkan.

"Kalau nunggu semuanya siap, bisa kelamaan, he-he-he," kata Asra.

Penciptaan lagu mereka umumnya bermula dari ide personelnya. Ide itu kemudian dibahas bersama personel lain. Pembahasan aransemen itulah yang sering memakan waktu lama.

"Rekaman yang dulu itu membutuhkan waktu delapan bulan untuk aransemen saja. Selama delapan bulan itu kami latihan rutin dua kali setiap minggu," lanjut Asra.

Selain Asra dan Poppie, Pandai Besi beranggotakan Akbar Bagus Sudibyo, Monica Hapsari, Dito Buditrianto, Nastasha Abigail, dan Agustinus Panji Mardika. (HEI)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 6 Maret 2017, di halaman 32 dengan judul "Lagu Sendiri".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com