Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Definisi Film Indonesia yang Bagus Versi Slamet Rahardjo

Kompas.com - 06/03/2017, 21:43 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktor senior Slamet Rahardjo (68) mengungkapkan definisi film Indonesia yang banyak disukai oleh penonton.

Hal itu ia sampaikan kepada Kompas.com usai jumpa pers Hari Film Nasional 2017 di Plaza Insan Berprestasi, Komplek Kemendikbud, hari ini (6/3/2017).

"Yang punya hubungan emosional dengan penonton. Contohnya Cek Toko Sebelah (CTS). Kenapa CTS? Ih, kayak gue deh. Kayak persoalan kita deh," kata Slamet.

"Coba enggak ada hubungan emosionalnya, pulang kita. Kita enggak tahu apa hubungannya dengan kita. Enggak ngerti juga ceritanya," imbuhnya.

Menurut dia, Indonesia pun punya sederet film bagus.

"Banyak. Laskar Pelangi, Ada Apa dengan Cinta, Petualangan Sherina. Anak-anak kecil ngelihat (Sherina), ih kayak gue deh. Kan Sherina enggak dandan. Enggak pakai alis, bulu mata palsu. Sherina kayak di sekolah pakaiannya. Jadi enggak ada jarak. Itu fenomenal kalau menurut saya," kata Slamet.

Lebih lanjut ia merujuk pada salah satu film yang cukup booming di Indonesia, yakni Warkop DKI Reborn Part I: Jangkrik Boss arahansutradara Anggy Umbara yang rilis pada 8 September 2016 lalu.

"Orang nostalgia kembali dengan (almarhum) Dono. Meledak filmnya. Dulu yang nonton Dono itu enggak punya duit. Masih SMA. Sekarang udah jadi bos, jadi direktur. Pasti meledak," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com