Jumat, 24 Maret 2017

Entertainment

10 Film Indonesia Berkompetisi dalam Festival Film ASEAN

KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG Konferensi pers AIFF 2017 di restoran Dua Nyonya, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (7/3/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepuluh film Indonesia akan berkompetisi dalam ASEAN International Film Festival & Awards (AIFFA) 2017 atau Festival Film ASEAN yang digelar di Kuching, Sarawak, Malaysia, pada 4 - 6 Mei mendatang.

Kesepuluh film itu adala Salawaku, Ziarah, Turah, Surat dari Praha, Athirah, Ada Apa dengan Cinta? 2, dan Jingga. Lalu ada Sunya, Istirahatlah Kata-kata, serta Super Didi.

Namun Direktur AIFFA Livan Tajang mengatakan, jumlah itu masih bisa terus bertambah.

"Kami harap kami terima banyak submission dari Indonesia," kata Livan dalam konferensi pers AIFFA 2017 di Restoran Dua Nyonya, Jakarta Pusat, Selasa (7/3/2017).

Sebab, pendaftaran film yang sejatinya berakhir 28 Februari 2017 lalu itu diperpanjang menjadi 15 Maret ini.

Dengan begitu bagi sineas se-Asia Tenggara, khususnya Indonesia, masih punya kesempatan mendaftarkan karyanya.

"Untuk submit film bisa melalui official website kami di aiffa2017.com," ujar Livan.

Ia menambahkan pembuat film Indonesia juga bisa menemukan peluang emas dalam festival dua tahunan itu.

"AIFFA telah menjadi festival yang dituju untuk menjangkau pasar ASEAN. Kali ini lebih banyak pemodal dan produser yang berpartisipasi karena mereka melihat potensi kawasan ini menghasilkan konten luar biasa dan unik," ucap Livan.

Pengamat perfilman, Hikmat Darmawan, menambahkan bahwa jika melihat geliat produksi film di Indonesia, ia yakin akan banyak pelaku film Tanah Air yang ingin mengikuti festival tersebut.

"(AIFFA) Ini kan kesempatan. Semoga bisa menjadi penjembatan ke komunitas, pembuat film, dan sebagainya. Film yang jujur menggambarkan Indonesia apa adanya, saya rasa itulah yang dilihat," kata Hikmat.

Malam puncak AIFFA yang berlangsung pada 6 Mei 2017 akan mengumumkan pemenang festival film tersebut.

Penghargaan nantinya diberikan dalam 16 kategori untuk sutradara, aktor, direktur fotografi, penulis, editor, dan juga Lifetime Achievement and Inspiration.

Festival film ini diikuti oleh 10 negara ASEAN dan total saat inj sudah ada 100 film yang siap berkompetisi.

Penulis
Editor : Kistyarini
TAG:

EVENTS