Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Tulus tentang Koleksi Kasetnya yang Tak Terawat Lagi

Kompas.com - 08/03/2017, 12:13 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Jika sejumlah artis musik lain mengoleksi piringan hitam atau vinyl, penyanyi dan pencipta lagu Tulus (29) memilih kaset album musik. Hingga kini, sudah ratusan kaset yang ia kumpulkan sejak remaja.

Namun, ungkap Tulus, koleksi kasetnya itu tak terawat lagi.

"Kaset-kaset itu di Bukittinggi (Sumatera Barat), di rumah kelahiran saya. Dua ratusan (kaset), kali ya," kata Tulus kepada Kompas.com dalam wawancara usai Java Jazz Festival 2017 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (4/3/2017) malam.

Ia pun bercerita tentang koleksi kaset album musik pertama yang ia miliki ketika masih remaja, yaitu kaset salah satu album mendiang penyanyi Chrisye.

"Kaset pertama saya, album Chrisye. Saya lupa judulnya, tapi cover-nya hitam putih gitu," ujar pelantun "Pamit" ini.

Kaset Chrisye itu merupakan pemberian sang ibunda yang dulu membuka usaha toko kaset.

Pencipta dan penyanyi lagu "Sepatu" ini mengatakan pula bahwa sejak itu ia mulai mengumpulkan kaset album musik.

"Dulu saya koleksi kaset, karena ibu saya dulu jualan kaset dan saya sering dikasih bonus, sering dikasih hadiah berupa kaset," kenangnya.

Namun, karena kaset-kaset koleksinya itu tersimpan di kampung halamannya dan ia sibuk bermusik ke mana-mana, ia tak bisa merawatnya lagi.

"Terakhir saya lihat kasetnya ada yang sudah berjamur sih, he he he. Sekarang sih saya koleksinya CD dan beberapa di antaranya CD yang sulit didapat. Biasanya saya beli dulu di platform digital. CD juga lumayan banyak," ceritanya lagi.

"Kalau vinyl tertarik, tapi saya belum mulai (koleksi), karena tidak ada perangkat pemutarnya, karena saya belum betul betul paham," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com