Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Morgan Oey Memerankan Penyandang Alzheimer

Kompas.com - 15/03/2017, 16:00 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com -- Mimpi artis film Handi Morgan Winata (26), atau lebih dikenal sebagai Morgan Oey, berkolaborasi dengan sutradara Garin Nugroho akhirnya terwujud.

Ia dipilih Garin untuk memerankan sosok pengusaha sukses yang terserang alzheimer di film Moon Cake Story. Film itu akan dirilis 23 Maret mendatang.

"Karakter yang ditawarkan cukup menantang dibandingkan karakter yang pernah saya perankan di film-film sebelumnya. Saya harus melakukan observasi mendalam untuk mengetahui kebiasaan pengidap alzheimer," tuturnya di Surabaya, Senin (13/3/2017).

Alzheimer adalah penyakit yang diakibatkan kerusakan sel-sel otak.

Untuk mendalami perannya, pria kelahiran Singkawang, Kalimantan Barat, itu menemui sejumlah penyandang alzheimer di Rukun Senior Living di kawasan Sentul, Jawa Barat.

Selama satu minggu, dia memperhatikan kebiasaan mereka, mulai dari gerak-gerik hingga jadwal sehari-hari pengidap alzheimer.

"Saya melakukan observasi dari pagi hingga mereka tidur pada malam hari. Dari situ, saya juga bisa belajar bagaimana mereka tidur," kata Morgan.

Tak hanya itu, Morgan juga mencoba memahami lebih dalam tentang penyakit itu dengan berkonsultasi dengan seorang dokter di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta.

Dia juga mencari referensi tambahan dengan menonton video-video tentang alzheimer di Youtube.

"Meski peran ini menantang, Garin memercayakan saya improvisasi dan eksplorasi karakter. Saya puas dengan hasilnya," ujar pemeran film Winter in Tokyo (2016) itu. (ADY)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 15 Maret 2017, di halaman 32 dengan judul "Memerankan Penyandang Alzheimer".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com