Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunto Aji: "Bullying" Berpindah dari Dunia Nyata ke Media Sosial

Kompas.com - 15/03/2017, 21:08 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Vokalis Kunto Aji menyayangkan kejadian teman-teman artis yang diputus pekerjaannya gara-gara 'terpleset' ketika mengungkapkan pendapat melalui media sosial.

Tanpa menyebut nama yang dimaksud, kata Kunto, pendapat mereka berkait dengan isu politik dan agama cukup sensitif.

"Karena sensitif banget, maksudnya berantem gitu, tapi ketemu malah enggak ngapa-ngapain. Tapi malah merugikan beberapa orang. Kan ada yang sampai di-cut beberapa programnya," ujar kata Kunto ketika menghadiri peluncuran singel OM PMR di NoName Cafe, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (15/3/2017).

Kunto mengatakan, di era digital seperti sekarang ini, setiap ada pendapat yang berbeda pasti akan akan terjadi perdebatan tak berujung dan dampaknya akan terasa sampai di dunia nyata.

"Bullying itu berpindah dari dunia nyata ke media sosial dan ternyata dampaknya ke dunia nyata lagi," kata dia.

Menurut Kunto, artis yang menggunakan media sosial seharunya lebih bijak menggunakan akunnya. Jangan sampai kesalahannya itu malah membuat karier keartisan hancur berantakan.

Kunto mengatakan, lebih baik pendapat yang ingin mereka ungkapkan itu diutarakan di sebuah forum dan dibahas dengan kalangan berkompeten di bidangnya.

"Saya enggak mau komentari atau apatis, tapi lebih baik di meja bundar dan berdiskusi dengan orang-orang yang mengerti dan kompeten di bidang itu," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com