Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Junior Soemantri Ketagihan "Nurlela"

Kompas.com - 23/03/2017, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Solois Junior Soemantri (34) tidak pernah ketinggalan mendengarkan lagu berirama Melayu.

"Nurlela" adalah salah satu yang membuatnya ketagihan bukan kepalang. Lagu yang dipopulerkan Bing Slamet ini hampir tidak pernah ketinggalan dibawakan dalam setiap aksi panggung ayah tiga anak ini.

"Gue dengar pertama kali sejak SMP. Lucunya, lagu itu dikirimkan abang gue yang lagi di Belanda. Pas denger, kok ini lagu enak banget, ya. Orang dulu kok pintar banget bikin lagunya," ucap Junior yang biasa disapa Kelik ini, Selasa (21/3/2017), di Jakarta.

Beberapa tahun terakhir, Junior mengatakan mendengarkan lagu berirama Melayu empat hari dalam seminggu.

Dari lagu "Nurlela", ujar Junior, dia mendapatkan semangat bagaimana membuat lagu yang baik. Kata-kata yang sederhana tetapi dalam, dengan irama yang syahdu, menjadi pegangan dan semangatnya dalam membuat dan menyusun nada.

Album pertama Junior, Melaju, dirilis pada akhir 2015 lalu. Album yang kental irama Melayu dengan nada-nada folk atau bossa ini berisi sembilan lagu.

Salah satu lagunya, "Si Monster", bercerita tentang kejadian yang membuatnya hampir kehilangan anak.

Saat itu, kontrakannya kebakaran dan istrinya yang hamil muda terjatuh dari tangga. Beruntung, anaknya lahir dengan selamat. Kejadian itu membekas dan "mengharuskannya" membuat lagu untuk sang anak.

"Untuk sekarang, tahun (2017) ini rencana bikin album baru. Mulai Juni, rencana workshop. Sudah ada materi dan lebih Melayu. Cangkemku (mulutku) memang Melayu, ha-ha-ha," kata Junior. (JAL)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 23 Maret 2017, di halaman 32 dengan judul "Ketagihan "Nurlela"".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com