Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"The Invitation": Undangan Menuju Kematian

Kompas.com - 26/03/2017, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Film The Invitation bisa menjadi pilihan bagi pecinta drama horor.

Namun, bagi penggemar film aksi yang biasanya identik dengan adegan serba cepat, film ini dijamin bakal membuat bosan karena alur ceritanya super lambat.

Film yang berjaya di ajang festival dengan meraih tiga penghargaan dan 15 nominasi ini berhasil membangun ketegangan dengan cara yang sangat perlahan.

Keberhasilan menampilkan kengerian bunuh diri massal dengan alur cerita yang sulit ditebak membuat film ini menyabet penghargaan International Critics Award di Neuchâtel International Fantastic Film Festival 2015, Official Fantàstic Competition di Sitges-Catalonian International Film Festival 2015, dan Jury Prize, Strasbourg European Fantastic Film Festival 2015.

Sama seperti alurnya yang pelan, kematian yang disuguhkan sebagai bagian paling penting dalam genre film drama horor ini pun juga dihadirkan dalam proses pelan dan menyakitkan.

Berawal dari film yang seolah murni drama, puncak ketegangan sesungguhnya baru dimulai pada 20 menit sebelum film berakhir. Puncak kisah digambarkan penuh darah.

Disutradarai Karyn Kusama dan ditulis oleh Phil Hay serta Matt Manfredi, film The Invitation pertama kali ditayangkan dua tahun lalu, pada Maret 2015 di SXSW Film Festival.

Film ini kemudian dirilis secara terbatas pada April 2016 dan baru diputar di bioskop di Indonesia pada Maret tahun ini.

Rangkaian kejanggalan
Semua berawal dari selembar undangan dari Eden (Tammy Blanchard).

Perempuan cantik yang sempat depresi dan pernah mencoba bunuh diri akibat kematian anak semata wayangnya ini sempat menghilang selama dua tahun.

Setelah merasa menemukan kedamaian dari "pelarian" yang disebutnya sebagai liburan selama dua tahun di Meksiko, Eden kembali bersama suami barunya, David (Michiel Huisman).

Seolah ingin kembali terhubung dengan orang-orang terdekat di masa lampaunya, Eden mengundang mereka hadir pada acara makan malam bersama di rumah yang sarat nostalgia di Hollywood Hills.

Undangan itu pula yang diterima oleh mantan suami Eden, Will (Logan Marshall-Green), yang kemudian hadir bersama pasangan barunya, Kira (Emayatzy Corinealdi).

Film dibuka dengan adegan ketika mobil yang sedang ditumpangi Will dan Kira menabrak binatang di jalan raya. Will kemudian mengakhiri hidup binatang malang itu untuk melepaskannya dari penderitaan.

Dengan bercak darah binatang yang masih tepercik di wajahnya, Will menghadiri undangan makan malam dari mantan istrinya. Ingatannya segera melayang ke masa lalu begitu memasuki gerbang rumah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com