Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ray Sahetapy Ingin Bikin Film tentang Imam Bonjol

Kompas.com - 04/04/2017, 16:07 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis senior Ray Sahetapy untuk menggarap cerita pahlawan nasional Imam Bonjol ke dalam sebuah film.

Hal itu diungkapkan oleh Ray ketika berbincang dengan Ketua MPR Zulkifli Hasan di ruangannya di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (4/4/2017).

Kedatangan Ray bersama pengurus Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) 1956 untuk bersilaturahim dan meminta dukungan terhadap kepengurusan yang dipimpin oleh artis peran Marcella Zalianty.

[Baca juga: Pengurus Parfi 1956 Bertemu Ketua MPR Zulkifli Hasan]

"Imam Bonjol yang bikin benteng di khatulistiwa. Dia tidak hanya pahlawan untuk Nusantara, tapi juga pahlawan dunia," kata Ray.

"Saya mau bikin filmnya, soalnya," lanjut Ray.

Mendengar pernyataan Ray, para pengurus Parfi 1956 yang ikut berbincang pun tersenyum dan mengamini rencana Ray untuk membuat film tentang Imam Bonjol itu.

Mereka yang hadir selain Marcella adalah Olivia Zalianty, Wandah Hamidah, Ray Sahetapy, dan Olivia Jensen.

Ketua MPR Zulkifli Hasan menyambut positif keinginan Ray Sahetapy.

Ditemui di tempat terpisah, Ray mengungkap bahwa ia sudah membentuk tim untuk melakukan riset dan mencari referensi tentang kisah pahlawan Tuanku Imam Bonjol.

"Saya sudah dalam tahap menelusuri itu. Cuma ada satu persoalan, ada satu kitab dia yang belum di buka di Belanda. Aku dapat informasi itu. Saya sudah minta temen-teman untuk tolong cekin," ucapnya.

Keinginan Ray untuk mengarap kisah Imam Bonjol sangatlah sederhana. Menurut Ray, banyak cerita-cerita nusantara yang perlu diolah dan dikenalkan.

"Semua hal-hal tentang Nusantara bangsa ini harus kita olah. Supaya kita melakukan gagasan-gagasan di film, dialog, gagasan, sandiwara, apapun di film itu benar. Kalau enggak, ngarang-ngarang enggak jelas gitu," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com