Nia Dinata Dorong Pemerintah Bangun Tempat Pertunjukan Teater - Kompas.com

Nia Dinata Dorong Pemerintah Bangun Tempat Pertunjukan Teater

Sintia Astarina
Kompas.com - 04/04/2017, 17:56 WIB
KOMPAS.com/SINTIA ASTARINA Nia Dinata diabadikan usai jumpa pers West Side Story di Institut Francais dIndonesie (IFI), Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (4/4/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Nia Dinata menganggap bahwa industri film Indonesia bisa maju apabila dibarengi dengan hadirnya komunitas teater. Salah satu komunitas teater yang ada di Jakarta ialah Jakarta Performing Arts Community (JPAC).

"Saya kagum dengan komunitas teater Indonesia, termasuk JPAC. Mereka enggak mikirin untung, penginnya belajar, kata Nia dalam jumpa pers West Side Story di Institut Francais d'Indonesie (IFI), Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (4/4/2017).

"Komunitas ini bisa dijadikan platform untuk belajar dan berekspresi," kata Nia lagi.

Bagi sutradara Ini Kisah Tiga Dara tersebut, para pelaku seni yang mendalami teater terbiasa untuk memininalisir kesalahan di atas panggung saat sedang tampil. Tak seperti saat sedang mengerjakan film, apabila ada adegan yang salah, bisa dipotong dengan mudahnya.

Guna mendukung hadirnya komunitas teater, ia pun berharap agar pemerintah Indonesia bisa menyediakan tempat-tempat untuk berlatih atau tampil dengan biaya sewa yang murah. Memang, saat ini sudah ada Taman Ismail Marzuki dan Gedung Kesenian Jakarta yang letaknya di pusat Jakarta.

Namun, Nia ingin sekali bisa punya tempat berlatih atau tempat pertunjukan di wilayah lainnya.

"Jadinya kan enak. Jadi akses dan pemerataan cepat," tegas wanita kelahiran Jakarta, 4 Maret 1970 ini.

"Kalau (pemerintah) enggak didorong, (pelaku seni) bisa megap-megap terus," pungkasnya.

PenulisSintia Astarina
EditorIrfan Maullana

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM