Ramon Tungka Ramah Lingkungan - Kompas.com

Ramon Tungka Ramah Lingkungan

Kompas.com - 04/04/2017, 18:09 WIB
KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG PANGERANG Ramon Y Tungka di karpet merah live streaming Academy Awards 2016 di Cinemaxx, fX Lifestyle, Jakarta Selatan, Senin (29/2/2016)

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemain film dan pegiat kegiatan luar ruangan Ramon Tungka (32) selalu disiplin mengantongi sampah ketika sedang berwisata.

Ia memasukkan bungkus-bungkus makanan yang ia konsumsi ke dalam kantong kain yang selalu ia bawa.

"Begitu ketemu tong sampah, baru saya buang. Kantongnya bisa digunakan kembali," kata Ramon seusai menjadi pembicara dalam acara Panduan Berwisata Bahari Ramah Lingkungan yang diselenggarakan oleh WWF Indonesia di Jakarta, Sabtu (1/4/2017).

Ia juga tidak lagi membeli minuman kemasan, tetapi selalu membawa botol minuman yang bisa diisi ulang. Selain hemat, juga mengurangi sampah plastik.

Ramon yang akan mengeluarkan film Labuan Hati pada 6 April mengaku gemas melihat kelakuan wisatawan yang seenaknya membuang sampah.

Bahkan, hal tersebut juga terjadi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, yang merupakan lokasi pengambilan gambar film tersebut.

Selain menyampah, juga banyak wisatawan yang ceroboh ketika beraktivitas.

"Beberapa penyelam baru karena terlalu bersemangat tidak berhati-hati. Perangkat renang seperti kaki katak terbentur-bentur terumbu karang," ujarnya.

Melalui media sosial, Ramon mengimbau teman-teman beserta penggemarnya agar selalu mencari informasi aturan berwisata di suatu tempat, terutama di wilayah cagar alam.

"Bisa lewat internet dan bertanya kepada orang-orang lokal, seperti resepsionis hotel atau pemandu wisata," katanya.

Menurut Ramon, alasan orang berkunjung ke suatu tempat adalah karena keindahan alam dan budaya. Oleh sebab itu, wisatawan harus bertanggung jawab menjaganya. (DNE)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 4 April 2017, di halaman 32 dengan judul "Ramah Lingkungan".

Baca juga: Peduli Lingkungan Hidup, RAN Ke Luar Kota Naik Satu Mobil

EditorAti Kamil
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM