Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Sang Suami, Kanker Renita Sukardi Sudah Menyebar

Kompas.com - 05/04/2017, 17:50 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Hilmi Salahudin, suami dari artis peran Renita Sukardi atau Iren, mengatakan bahwa penyakit kanker yang diderita oleh istrinya telah menyebar dari payudara ke bagian-bagian lain tubuhnya.

"Kanker payudara udah nyebar ke paru, lever, dan paling banyak ke tulang," ujar Hilmi, yang diwawancara di Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), Salemba, Jakarta Pusat, pada Rabu (5/4/2017), tempat Renita dirawat.

Hilmi juga mengatakan bahwa kondisi bintang sinetron seri Ojek Pengkolan itu masih belum stabil setelah mengalami patah kaki akibat penyakit tersebut.

"Sekarang masih belum stabil, masih sesak napas, dan ada sedikit gelisah. Kakinya kan patah sebelah kiri, agak kesemutan sekarang," tutur Hilmi.

Sebelumnya, Iren mengalami patah kaki kanan.

"Tapi, yang kanan sudah di-pen (dipasangi pen), kaki kirinya belum sempet, karena kan mau disinar. Kalau mau disinar kan enggak boleh dioperasi," tutur Hilmi lagi.

Hilmi mengungkapkan bahwa sudah ada tumor pada payudara istrinya sejak 2014 dan telah dioperasi.

"Ini awalnya Juli 2014, udah mulai muncul, terasa ada benjolan. Pertama, itu kaya tumor, tapi jinak, sempat dioperasi, enggak sampai (rawat) nginep. Tapi, setelah dibiopsi, ada kanker dan divonis kanker payudara stadium dua waktu itu," terang Hilmi.

Lanjut Hilmi, setelah itu Iren dinyatakan sembuh. Namun, kemudian, diketahui ada kanker lagi.

"Akhirnya muncul lagi, itu di April 2016, itu dioperasi. Dari situ sampai sekarang belum benar-benar pulih," terang Hilmi lagi.

Sampai saat ini Iren dirawat jalan di RSCM.

"Dirawat jalan, sudah 20 hari terbaring, dan tiap hari ke sini (ke RSCM), kecuali Sabtu-Minggu," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com