Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terlalu Asyik Manggung, Ecoutez Jadi Lama Bikin Album

Kompas.com - 11/04/2017, 19:51 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Band Ecoutez baru akan merilis album keempat pada April 2017, kira-kira lima tahun setelah mereka mengeluarkan album ketiga, eVolution. Mengapa?

"Kami keluarin album tahun 2012, album ketiga, eVolution. Akhirnya, tahun ini, karena industri musik Indonesia mulai ramai lagi, kami pengin ikut ngeramein lagi," ujar vokalis grup tersebut, Andre Lee, di Senayan City, Jalan Asia Afrika, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Andre mengatakan pula bahwa Ecoutez lama tidak merilis album karena jadwal manggung yang padat di luar Jakarta, sehingga mereka mencipta lagu-lagu untuk album itu dengan cara mencicil di antara kesibukan.

"Saking keenakan manggung, off-air, kami memang jadi agak lama bikin album," tutur Andre.

Akan ada 13 lagu dalam album band yang dihuni oleh Andre, Ayi (gitar), Iyas (keyboard), Leo (bas), dan Jay (drum). Enam lagu merupakan lagu-lagu baru dan tujuh lagu merupakan lagu-lagu dari album pertama dan kedua dengan aransemen baru.

"Albumnya Insya Allah akan keluar pada bulan April ini," kata Andre.

Singel pertama dari album keempat itu sudah dikeluarkan pada Desember 2016. Lagu itu berjudul "Only Love", yang menceritakan kisah asmara yang putus-nyambung.

Sementara itu, Iyas mengatakan ada perbedaan antara karakter musik dulu, ketika vokalis grup tersebut masih Delia Septianti, dengan karakter musik sekarang, karena vokalisnya kini Andre.

"Pasti lah. Tangga nadanya pun berubah. Dari nada dasarnya juga berubah, pasti. Karakter juga harus disesuaikan dengan vokalis. Percuma bikin lagu kalau karakternya enggak cocok sama suara vokalis," jelas Iyas.

Iyas juga mengatakan bahwa Ecoutez akan melibatkan beberapa artis musik pendukuing, baik untuk aransemen musik maupun untuk kolaborasi dalam membawakan lagu-lagu mereka.

"Kami pilih orang-orang yang dekat sama kami, plus sudah mengenal musik kami, dan bisa kami andalkan," ucapnya.

Siapa para artis musik itu? Ecoutez masih berahasia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com