Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Veronica Tan Bikin Addie MS Merinding

Kompas.com - 16/04/2017, 12:46 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pada 23 Maret 2017, atas undangan pemusik Addie MS (57), Veronica Tan (39) atau Vero bermain cello dalam sebuah latihan Twilite Orchestra di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan.

Dalam sebuah acara di Plaza Selatan Galora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, pada Minggu (16/4/2017), Addie bercerita bahwa ia dibuat merinding oleh istri salah satu calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, itu.

Namun, lanjut Addie, ia merinding bukan karena permainan cello Vero, melainkan karena  Vero peduli terhadap sarana bagi para pemusik, termasuk para pemusik orkestra, untuk berlatih dan tampil.

Addie menjelaskan bahwa, menurut Vero, seharusnya pemerintah provinsi mendukung para pemusik untuk berkarya dengan menyediakan tempat latihan dan concert hall (balai konser).

"Aku udah ngomong sama beberapa presiden, menteri, juga gubernur terdahulu, cuma enggak ada yang follow up. Jadi, aku udah apatis, Bu," tutur Addie.

"Tiba-tiba Ibu nih kasih perhatian, saya merinding. Saya berkaca-kaca ngomongnya, enggak nyangka," sambung Addie.

Addie berujar bahwa negara-negara lain, sebut saja Singapura, Malaysia, Thailand, Jepang, Korea, dan Cina, memiliki orkestra yang maju karena didukung oleh pemerintah.

Bahkan, Singapura saja, yang lebih kecil dari Jakarta, memiliki beberapa balai konser.

Addie menambahkan bahwa, Singapura ramai dikunjungi orang-orang dari luar negeri, jika pemusik-pemusik internasional, Coldplay contohnya, sedang dalam tur dan memilih manggung di sana. Sementara itu, Indonesia sering dilewatkan begitu saja.

 "Di Cina, ada 76 orkes simfoni yang semuanya didukung pemerintah. Kita satu pun juga enggak," tutur penyanyi Memes ini lagi.

Addie bercerita pula bahwa ia juga pernah mendapat pesan dari Ahok, yang menegaskan keseriusan Vero dalam membantu pengadaan sarana bagi para pemusik.

“Ahok juga kasih pesan, 'Pak Addie, Vero tuh serius. Mohon kasih masukannya buat Pemprov biar bantu bidang Pak Addie.' Maksudnya, bukan bantu aku, tapi bidang orkes simfoni itu," ucapnya.

"Berdoa aja, deh. Semoga," ucapnya lagi.

Bca juga: Addie MS Kagumi Veronica Tan yang Tekuni Cello

Baca lagi: Addie MS Ajak Veronica Tan Main Cello bareng Twilite Orchestra

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com