Soal "Concert Hall", Addie MS Bicara dengan Ahok dan Veronica Tan - Kompas.com

Soal "Concert Hall", Addie MS Bicara dengan Ahok dan Veronica Tan

Andi Muttya Keteng Pangerang
Kompas.com - 16/04/2017, 20:27 WIB
KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG Addie MS diabadikan usai acara Wajah Kota Tua yang Berubah di Gedung Seni Rupa & Keramik, Kota Tua, Jakarta Barat, Minggu (16/4/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Konduktor dan komponis Addie MS berharap pemerintah membangun sebuah concert hall atau semacam balai seni budaya di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta Pusat.

Usulan tersebut ia katakan usai menghadiri acara Wajah Kota Tua yang Berubah di Gedung Seni Rupa & Keramik, Kota Tua, Jakarta Barat, Minggu (16/4/2017).

"Concert hall atau balai seni budaya gitu, saya penginnya ada di tengah kota. Katakanlah di Sudirman bersebelahan dengan GBK," ucap Addie.

[Baca juga: Addie MS: Seni Budaya Beri Pendapatan Besar, tetapi Kurang Fasilitas]

Misalnya, kata Addie, satu area di GBK yang saat ini sudah tak terpakai lagi, yakni eks arena Senayan Golf Driving Range.

Tempat itu bisa menjadi lokasi yang bagus untuk sebuah pusat pertunjukan seni kelas dunia, seperti Singapore Esplanade.

Namun itu hanya sebagai contoh karena area seluar 4,6 hektar itu direncanakan menjadi hutan kota untuk menambah ruang terbuka hijau di Jakarta.

"Paling enggak ada satu, misalnya kayak di bekas golf range yang dikosongin sekarang. Di situ kalau ada satu gedung seni budaya, gedung konser gitu, buat saya akan mengobati sekali," ujar ayah musisi Kevin Aprilio itu.

Ide soal concert hall itu, lanjut Addie, sudah ia bicarakan dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok) dan istrinya Veronica Tan.

[Baca juga: Veronica Tan Bikin Addie MS Merinding]

Addie menuturkan, Veronica menghubunginya dan menyatakan keprihatinannya soal kurangnya ruang untuk musik simfonik. Itu terjadi setelah ia mengundang Veronica bermain cello saat Twilite Orchestra berlatih.

[Baca juga: Addie MS Ajak Veronica Tan Main Cello bareng Twilite Orchestra]

"Puluhan tahun saya ketuk ketuk pintu, ini enggak ketuk pintu, malah dia yang nyamperin. Itu omongan udah puluhan tahun," tutur Addie.

Ia mengaku sudah mengatakan soal kebutuhan concert hall sejak masa Presiden Soeharto. Ia sudah pernah berbicara dengan gubernur DKI ketika itu, menteri, bahkan presiden. Namun ia melihat tidak pernah ada tindak lanjut dari pihak berwenang.

"Bu Vero ngadu ke Pak Ahok (soal concert hall), terus dipanggil orang-orang yang kiranya bisa membantu soal ini," kata Addie.

"Saya terharu tadi pak Ahok nyinggung (soal concert hall) tadi. Terus dia minta aku kasih masukan. Itu minggu lalu, tiba-tiba dia tadi nyinggung, ngerasa terharu banget, ngerasa diperhatikan," tambahnya.

PenulisAndi Muttya Keteng Pangerang
EditorKistyarini
Komentar
Close Ads X