"Mendapatkan Royalti, Impian Semua Musisi" - Kompas.com

"Mendapatkan Royalti, Impian Semua Musisi"

Sintia Astarina
Kompas.com - 18/04/2017, 22:55 WIB
KOMPAS.com/SINTIA ASTARINA Yusak Setiono, Anji, dan Makki Ungu diabadikan di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (18/4/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa musisi seperti Anji, personel band Ungu, Govinda, serta Samsons akan menerima royalti dari Sentra Lisensi Musik Indonesia (SELMI).

Peroleham royalti itu didapat dari pembayaran tempat-tempat karaoke atas penggunaan lagu-lagu para musisi sepanjang tahun 2016.

Dalam acara Distribusi Remunerasi atau Royalti Hak Terkait di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (18/4/2017), para musisi yang menerima royalti ini merasa bersyukur karena hak-hak mereka sebagai pekerja seni bisa terbayarkan.

"Saya sebenarnya sederhana aja. Ini impian tiap musisi. Pada akhirnya, kami bisa dapat apa yang harusnya kita dapat," ujar Konde, personel band Samsons.

"Kalau kita lihat musisi di negara lain, mereka bisa hidup dari situ," sambungnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Ade "Govinda".

"Seneng banget. Lagu kan enggak cuma soal penyanyi. Ini semua satu kesatuan, jadi semua harus dihargai," ucap Ade.

Sementara itu, Makki "Ungu" mengaku bahwa ia menghargai apa yang sudah dilakukan SELMI.

"Bukan berapa (royalti yang diterima), yang penting niat (mengumpulkan royalti) sudah ada. Hak kami diakui, dihargai, itu nomor satu," ujar Makki.

"Ini kan mata pencaharian kita juga. Ini sistem yang luar biasa. Yang paling penting, keterbukaan angkanya berapa," imbuhnya.

PenulisSintia Astarina
EditorIrfan Maullana
Komentar
Close Ads X