Luna Maya: Saya Punya Spirit Feminisme, tetapi Tak Lupa Kodrat - Kompas.com

Luna Maya: Saya Punya Spirit Feminisme, tetapi Tak Lupa Kodrat

Andi Muttya Keteng Pangerang
Kompas.com - 21/04/2017, 11:39 WIB
KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG Luna Maya usai menghadiri pemutaran film Beauty and the Beast di XXI Lippo Mal Puri, Jakarta Barat, Rabu (15/3/2017) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memperingati Hari Kartini yang jatuh pada hari ini, Jumat (21/4/2017), artis peran Luna Maya berbagi pandangannya tentang semangat Kartini masa kini.

Perempuan kelahiran Denpasar ini menilai zaman sekarang perempuan sudah punya kesempatan yang sama dengan laki-laki dalam hal pendidikan dan pekerjaan.

"Walaupun saya punya spirit feminism, tapi tetep kodrat sebagai istri dan ibu tidak bisa diganggu gugat," kata Luna dalam wawancara di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (20/4/2017) malam.

Semangat Kartini, menurut dia, berarti perempuan harus mengenyam pendidikan dan harus bisa menggali potensinya.

Namun lagi-lagi, lanjut Luna, pendidikan tinggi dan karier sukses jangan sampai menutup mata seorang perempuan sebagai seorang istri dan ibu.

"Kalau saya sih. Saya tetap percaya perempuan tuh sesukses-suksesnya, kodrat perempuan tetap perempuan. Tetap laki-laki adalah imam kita dan dia adalah kepala rumah tangga," ujarnya.

"Karena saya belum jadi istri dan ibu, sebagai perempuan saya kontribusi tenaga dan pikiran saya untuk sekitar saya. Jadi sebisa mungkin bermanfaat," kata Luna lagi.

PenulisAndi Muttya Keteng Pangerang
EditorKistyarini
Komentar