Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maia Estianty: Ibu Rumah Tangga Juga Kartini yang Tangguh

Kompas.com - 21/04/2017, 12:19 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Maia Estianty beranggapan bahwa semangat Kartini itu tak cuma dipunyai oleh perempuan-perempuan yang berpendidikan tinggi atau kariernya sukses. Begitu juga para ibu rumah tangga yang mengurus keluarganya.

"Kartini-Kartini yang lain tuh banyak, banyak ibu-ibu yang cuma urus rumah tangga aja, ngurus anak dan suami, itu juga hebat," katanya usai mencoblos di TPS 12, Kelurahan Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (19/4/2017).

Sebab, menurut dia, mengurus rumah tangga sekaligus mendidik anak-anak bukanlah perkara yang mudah. Bahkan belum tentu para wanita pekerja mampu melakukannya.

Lebih hebatnya lagi, lanjut Maia, jika ada perempuan bekerja yang tetap melakukan perannya sebagai ibu rumah tangga.

"Enggak gampang loh ngurus rumah tangga tuh. Mikirin menu hari ini apa, besok apa, ngurus anak-anak, suami, detailnya seperti apa. Menurut saya juga itu Kartini yang tangguh," kata Maia.

Ibu tiga anak ini menambahkan bahwa wanita cerdas tidak bisa hanya diukur dari kemampuan akademisnya, tetapi juga keberhasilannya menjadi seorang istri sekaligus ibu.

"Kartini tangguh bukan berarti mereka harus bekerja ya. Mereka cerdas di rumah, mereka melahirkan anak-anak yang cerdas," ujar Maia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com