6 Penggalangan Dana "Kartini Masa Kini" yang Menginspirasi - Kompas.com

6 Penggalangan Dana "Kartini Masa Kini" yang Menginspirasi

Andi Muttya Keteng Pangerang
Kompas.com - 21/04/2017, 18:37 WIB
KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pemeran tokoh Kartini, Dian Sastrowardoyo berpose seusai wawancara eksklusif Kompas.com seputar film Kartini di Jakarta, Jumat (7/4/2017). Film garapan sutradara Hanung Bramantyo mengisahkan perjuangan RA Kartini akan tayang di bioskop mulai 19 April 2017.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggalangan dana daring belakangan sangat populer di masyarakat. Berbagai macam kampanye galang dana tersebar pun dalam situs-situs donasi.

Beberapa di antaranya tak hanya dibuat oleh atau ditujukan kepada warga biasa, melainkan juga melibatkan para pesohor hiburan Tanah Air. Tak sedikit pula, ada selebritas perempuan yang ikut andil.

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Jumat (21/4/2017), Kompas.com mengutip enam kampanye galang dana selebritas perempuan yang bisa menginspirasi dari kitabisa.com.

1. Dian Sastro

Salah satu kampanye yang dapat diakses pada laman kitabisa.com adalah kitabisa.com/beasiswadian untuk mendukung gerakan bantuan pendidikan oleh artis peran Dian Sastrowardoyo. Hingga kini, telah terkumpul sebanyak lebih dari Rp 30 juta dari 109 orang donatur.

Dian tak hanya dikenal berkat aktingnya dalam beberapa layar lebar, tetapi juga terkenal karena perhatiannya terhadap dunia pendidikan.

Selain menimba ilmu hingga strata dua di tengah perannya sebagai istri dan ibu dua anak, Dian juga menyempatkan waktu mendirikan Yayasan Beasiswa Dian pada tahun 2009 lalu.

Pemain film Pasir Berbisik itu berpandangan bahwa semua orang di mana pun berhak mendapatkan pendidikan yang layak.

2. Melanie Subono

Penyanyi Melanie Subono selama ini dikenal sebagai aktivis sosial. Ia pernah membuat kampanye kitabisa.com/malaikatbrengsek untuk membantu gerakan Rumah Harapan.

Gerakan yang dilakukannya selama 10 tahun guna memberi bantuan ke sekolah non-formal, orang sakit, area bencana dan lainnya.

Hingga saat ini kampanye itu telah mendapat dukungan senilai lebih dari Rp 21 juta yang berasal dari 149 orang donatur.

3. Julia Perez

Sebuah kampanye penggalangan dana untuk meringankan biaya pengobatan pedangdut Julia Perez yang tengah berjuang menghadapi kanker serviks stadium empat baru-baru ini dibuka.

Siapapun tanpa terkecuali bisa mengakses laman kitabisa.com/pedulisahabatjupe untuk memberi donasi.

Gerakan itu merupakan inisiasi dari artis komedi Eko Patrio, Ruben Onsu dan para sahabatnya. Sampai hari ini sudah ada 335 donatur yang menyumbangkan total Rp 82 juta untuk Jupe.

4. Yana Zein

Selain Julia Perez, artis sinetron Yana Zein juga menarik perhatian publik beberapa bulan belakangan karena menderika kanker payudara stadium empat.

Satu hal yang membuat masyarakat terenyuh adalah harta Yana terkuras untuk biaya pengobatan hingga membuat anak-anaknya putus sekolah.

Berangkat dari situ, dibuatlah kampanye kitabisa.com/helpmymom oleh dua anaknya, Alika dan Rila.

Gerakan itu kini telah meraup Rp 222 juta dari 937 orang donatur.

5. Dira Sugandi

Selain empat kampanye itu, penyanyi jazz Dira Sugandi juga pernah menjadi terlibat dalam kampanye #BeraniGundul yang digalang oleh YKAKI (Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia).

Sebagai bentuk dukungannya, ia mencukur pendek rambutnya dan mengajak masyarakat ikut berdonasi untuk anak-anak yang berjuang melawan kanker.

Kampanye itu berhasil meraup Rp 27,5 juta dari 36 orang donatur melalui laman Kitabisa.com/diraberanigundul.

6. Jenny Jusuf

Penulis skenario peraih piala citra skenario adaptasi terbaik FFI 2015, Jenny Jusuf, juga pernah aktif melakukan penggalangan dana untuk Amel, balita 18 bulan yang berjuang sejak dalam kandungan dan lolos dari bahaya aborsi.

Dari gerakan tersebut kala itu, ia berhasil mengumpulkan Rp 41 juta lebih dari 181 donatur bagi Amel dan balita di Yayasan Sayangi Bali lewat laman kampanye kitabisa.com/amelindo.

PenulisAndi Muttya Keteng Pangerang
EditorIrfan Maullana
Komentar
Close Ads X