Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tulus Galang Dana untuk Pendidikan Guru-guru di Bantar Gebang

Kompas.com - 02/05/2017, 20:27 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Bukan murid saja yang butuh pendidikan, guru pun demikian. Bersama Kampus Guru Cikal, penyanyi dan pencipta lagu Tulus (29) mengadakan program peduli pendidikan bagi guru.

"Saya di sini sebagai perwakilan dari satu kegiatan yang saya adain bareng temen-temen yang peduli sama dunia pendidikan. Jadi, kita tuh lagi bikin program, namanya Bantu Guru Belajar Lagi," terang Tulus ketika hadir dalam acara Pesta Pendidikan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, Jakarta Barat, pada Selasa (2/5/2017).

Tulus menerangkan pula bahwa dalam program tersebut ia dan teman-temannya melakukan penggalangan dana untuk mengadakan pelatihan bagi guru-guru di tiga SD negeri di daerah Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.

"Itu intinya adalah kita menggalang dana lewat sistem donasi gitu. Jadi, orang kasih donasi ke kita dan nanti uang yang terkumpul itu akan digunakan untuk pengadaan program pendidikan guru di tiga sekolah SD negeri di daerah Bantar Gebang," ucap pelantun "Teman Hidup" ini.

"Di situ ada sekolah negeri dan guru-gurunya butuh pelatihan. Untuk pelatihan itu, agar mempercepat prosesnya itu, kami kumpulin dana, nanti langsung diadain pelatihannya," lanjutnya.

Pelatihan tersebut membutuhkan dana kira-kira Rp 200 juta dan dalam satu hari sudah terkumpul kira-kira Rp 16 juta lebih.

"Jadi, nanti kalau uangnya udah kekumpul, kami akan langsung bekerja sama dengan Kampus Guru Cikal mengadakan program pelatihan. Jadi, nanti guru-guru belajar lagi cara mengajar yang kontemporer dan lebih modern lagi," ucapnya lagi.

Tulus berharap, dengan meningkatkan kualitas guru, program tersebut bisa berdampak besar dan luas bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.

"Kebetulan yang ada di depan sekarang ya program ini. Harapannya gini, satu guru bisa pegang 30 anak. Jadi, membantu satu kepala bisa berdampak terhadap lebih banyak orang lagi," ujarnya.

Baca juga: Singel Terbaru Judika Ini Rupanya Dibuat oleh Guru Olahraga, dan Hari Pendidikan, Laudya Cynthia Bella Ajak Anies Baswedan Berfoto Wefie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com