Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"The Circle": Ketika Dunia Semakin Terbuka

Kompas.com - 07/05/2017, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Dunia yang saling terhubung dan tanpa rahasia. Bukan tidak mungkin begitulah gambaran masa depan kehidupan manusia mengingat cikal bakalnya sudah terlihat sejak kini.

Kehidupan seorang manusia akan terekspos luar biasa dari detik ke detik. Dengan begitu, tidak ada lagi rahasia.

Jejak seseorang pun dengan mudah ditemukan dengan dukungan sistem yang memungkinkan manusia saling terhubung dengan sangat mudahnya.

E-mail terenkripsi sekalipun, bukan hal sulit untuk membuka dan menyebarkannya kepada khalayak luas.

Itu yang terjadi pada Mae Holland (Emma Watson) yang setuju dengan penawaran dari bosnya untuk menjadi sukarelawan produk-produk inovasi The Circle, perusahaan terkemuka di bidang teknologi informasi tempatnya bekerja.

Sebuah kamera berbentuk lingkaran yang tidak lebih besar dari uang koin terpasang di dadanya. Dengan kamera itu, ia berbagi atau memamerkan setiap detik kehidupan yang dialaminya.

Ia hanya punya waktu privasi tiga menit saat berada dalam toilet. Hasil bidikan kamera terhubung dengan aplikasi TrueYou yang juga dikembangkan The Circle.

Tentu saja setelah itu Mae menjadi salah satu profil paling terkenal di dunia. Kariernya juga melesat.

Baca juga: Takut Dilacak, Emma Watson Tolak Foto Bersama Penggemar

Padahal, dulunya, ia gadis biasa yang bekerja sebagai staf layanan pelanggan yang bertugas menerima keluhan konsumen melalui telepon.

Rutinitasnya terlihat membosankan.

Di sela aktivitas, ia hobi mengayuh kayak, mengobrol dengan orang-tuanya, Bonnie (Glenne Headly) dan Vinnie (Bill Paxton), serta Mercer (Ellar Coltrane), pemuda yang sehari-hari bekerja sebagai tukang kayu.

Kehidupannya berubah drastis ketika diterima bekerja di The Circle setelah mendapat informasi lowongan dari sahabatnya, Annie Allerton (Karen Gillan).

Annie sudah lebih dulu bekerja di sini dan rupanya ia salah satu petinggi di perusahaan bonafide itu.

Tugas Mae hampir sama dengan tugasnya di perusahaan lama, menerima keluhan konsumen, kali ini para pengguna TrueYou, aplikasi buatan The Circle yang dipimpin duo Eamon Bailey (Tom Hanks) dan Tom Stenton (Patton Oswalt).

Baca juga: Tom Hanks dan Meryl Streep Beradu Akting di Film Steven Spielberg

The Circle meminta komitmen tinggi dari para pekerjanya yang disebut Circler, termasuk dalam soal penggunaan produk teknologi mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com