Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Glenn Fredly: Pengalaman Spritual Bermusik di Hutan Manusela

Kompas.com - 12/05/2017, 20:56 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi Glenn Fredly diajak untuk masuk ke Hutan Manusela yang terletak di Maluku selama beberapa hari.

Di sana Glenn mencari inspirasi untuk menciptakan sebuah lagu yang akan ditampilkannya dalam acara Musika Foresta di Balai Sarbini, sabtu besok (13/5/2017).

"Di sana justru pengalamannya, keseruan perjalanannya mulai dari merancang mau ke mana," ujar Glenn saat dijumpai Kompas.com di Practise Room Studio, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (12/5/2017).

"Jadi waktu ketemu tim Hutan Itu Indonesia, ya mereka kasih opsi sampai akhirnya saya milih ke Manusela, karena saya belum pernah ke sana dan saya cuma tau tentang Manusela," tambahnya.

 

[Baca juga: Glenn Fredly Suarakan Perdamaian lewat Musik ]

Kemudian, perjalanan Glenn pun dirancang. Misi utamanya ialah supaya nanti keluar dari hutan, dirinya bisa menciptakan karya baru.

"Akhirnya perjalanan itu dirancang, karena memang misinya adalah untuk masuk ke hutan dan mendapatkan inspirasi untuk nulis lagu," kata pelantun Timur ini.

"Jadi ibaratnya, workshop-nya benar-benar di sana. Ya, di workshop itu kita enggak pegang alat musik. Workshop-nya benar-benar menikmati bunyi-bunyian alam. Organik sekali," sambungnya.

Glenn pun menceritakan kalau dirinya mendapatkan pengalaman berbeda saat berada di hutan.

"Saya ngerasa itu perjalanan spiritual dalam bermusik, maupun pantauan logika secara ilmiah juga," kata Glenn.

"Jadi tahu lebih banyak endemik-endemik yang ada, endemik burung terutama," pungkasnya.

Sekeluarnya dari hutan, terciptalah "Manusela" yang hanya dibuatnya dalam satu hari. Lagu ini merupakan persembahannya untuk masyarakat Indonesia dalam menjaga hutan dan sumber daya alam lainnya.

[Baca juga: Glenn Fredly: Selamat Bertugas, Pak Djarot]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com