Salah Satu Cita-cita Gita Gutawa Terwujud - Kompas.com

Salah Satu Cita-cita Gita Gutawa Terwujud

Tri Susanto Setiawan
Kompas.com - 13/05/2017, 11:00 WIB
KOMPAS.com/TRI SUSANTO SETIAWAN Lyodra Margareta Ginting dan Gita Gutawa diabadikan di Studio Erwin Gutawa, Pangeran Antasari, Jakarta Selatan, Jumat (12/5/2017). Lyodra, salah seorang anak Di Atas Rata-rata generasi dua (DARR 2), menyabet juara pertama untuk Festival Sanremo Junior yang digelar di Kota Sanremo, Italia, sejak 1-7 Mei 2017.

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis musik Gita Gutawa mengungkapkan bahwa salah satu cita-citanya untuk membuat jebolan proyek Di Atas Rata-rata (DARR) tampil di festival internasional terwujud melalui Lyodra Margareta Ginting.

Lyodra menyabet juara pertama Festival Sanremo Junior yang digelar di Kota Sanremo, Italia, yang digelat 1 hingga 7 Mei 2017. Ia dikukuhkan sebagai juara untuk kategori usia 13-15 tahun dengan menyisihkan 23 peserta lain dari 18 negara yang ikut serta.

"Ini sudah cita-cita dari dulu. Dari bikin project DARR, dari situ aku memang mau cari dan tunjukkin kalau anak Indonesia itu hebat-hebat," kata Gita saat jumpa pers di Studio Erwin Gutawa, Pangeran Antasari, Jakarta Selatan, Jumat (12/5/2017).

Gita mengungkapkan bahwa keikutsertaan Lyodra tak lepas dari undangan yang dikirim oleh pihak festival kepadanya. Gita mengaku ditunjuk sebagai ketua delegasi dan membawa wakil anak dari Indonesia, hingga dipilihnya Lyodra.

Mengenai pertimbangan mengapa Lyodra yang terpilih daripada anak-anak DARR yang lain, Gita mengungkapkan bahwa pemilihan dilakukan berdasarkan penilaiannya bersama komposer musik Erwin Gutawa, yang merupakan pembimbing DAAR sekaligus ayah Gita.

"Prestasi Lyodra ini memang anaknya berbakat. Saya pecara ini juga hasil kerja keras Lyodra selama ini," kata Gita.

Dara asal Medan itu menyanyikan lagu "Dear Dream", sebuah komposisi yang diadaptasi dari lagu berjudul "Janji untuk Mimpi". Pada penampilannya, Lyodra diiringi oleh Sanremo Symphonic Orchestra secara live.

Gita menambahkan bahwa Lyodra berlatih selama sebulan penuh. Untuk lagu berdurasi kurang lebih tiga menit itu, Lyodra tiap harinya menghabiskan waktu latihan selama tujuh jam. Ia dibimbing langsung oleh Gita dan pelatih vokal serta pelatih koreografi.

"Festival itu pasti deg-degan. Lebih baik dipersiapkan semaksimal mungkin. Latihannya lumayan intensif," katanya.

Adapun Festival Sanremo Junior adalah sebuah kompetisi menyanyi internasional untuk pada solois. Kota Sanremo sendiri terkenal sebagai pusat festival musik dan budaya di Italia.

PenulisTri Susanto Setiawan
EditorIrfan Maullana
Komentar