Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suga “BTS” Curhat soal Depresi yang Dialaminya

Kompas.com - 15/05/2017, 09:52 WIB
Sintia Astarina,
Kistyarini

Tim Redaksi

Sumber Koreaboo

KOMPAS.com – Suga, salah satu personel boyband Korea Selatan, Bangtan Boys (BTS) merupakan salah satu artis terbesar dengan banyak penggemar.

Di balik popularitasnya, Suga pernah berjuang soal depresi yang dialaminya sejak dirinya debut.

Seperti dilansir dari Koreaboo, Suga pertama kali mengungkapkan soal masalahnya tersebut pada sebuah wawancara di radio pada 2014 lalu.

Ia mengungkapkan betapa gemuk dirinya dulu dan bagaimana ia berusaha keras menurunkan berat badannya.

“Dulu, badanku besar sekali. Orang-orang mungkin tidak percaya, tapi badanku memang sangat besar waktu itu. Jadi aku berolahraga keras,” kata Suga.

Namun, Suga sempat mengalami cedera bahu lantaran terlalu giat berolahraga sehingga dokter memintanya untuk berhenti sejenak. Hal itu membuatnya seolah kehilangan harapan.

Tak hanya lewat wawancara, rupanya pemilik nama asli Min Yoon-gi ini pernah mengakui perjuangannya melawan depresi lewat lirik lagu berjudul "Tomorrow".

Selain itu, Suga juga pernah menyampaikan pendapatnya dengan berani soal body issues yang memunculkan standar kecantikan para pesohor.

“Banyak media mengangkat isu soal standar kecantikan dengan seberapa kurus orang tersebut. Di sisi lain, bagaimanapun juga, ada banyak orang yang meninggal karena kelaparan,” kata Suga.

“Kita seharusnya lebih tertarik pada hal itu. Jika aku menjadi orang yang lebih berpengaruh dan terhormat, aku akan berusaha untuk mengalihkan perhatian orang-orang pada isu tersebut,” imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Koreaboo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com