5 Fakta tentang Kondisi Terkini Julia Perez - Kompas.com

5 Fakta tentang Kondisi Terkini Julia Perez

Andi Muttya Keteng Pangerang
Kompas.com - 16/05/2017, 09:44 WIB
KOMPAS.com/Dian Reinis Kumampung Penyanyi dangdut Julia Perez saat diabadikan di Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), Salemba, Jakarta Pusat, Sabtu (31/12/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi dangdut Julia Perez alias Jupe masih terbaring lemah di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat.

Ia dirawat di rumah sakit sejak tiga bulan lalu. Sejak beberapa pekan lalu ia tidak lagi menjalani kemoterapi. Jupe hanya  mendapat obat pereda nyeri atau penenang secara rutin.

Malah sekarang, pemain film Gending Sriwijaya itu wajib menjalani cuci darah karena gagal ginjal akibat konsumsi obat dalam dosis besar.

Berikut ini lima fakta kondisi Jupe saat ini.

1. Pemeriksaan otak

Julia Perez pernah menjani tes Elektro Encephalo Graphy (EEG) atau pemeriksaan aktivitas otak pada 5 Mei 2017 lalu.

[Baca juga: Adik Beberkan Hasil Pemeriksaan Aktivitas Otak Julia Perez]

Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat kesadaran pelantun "Aku Rapopo" itu berkurang jauh.

Dokter pun mengambil tindakan, memberi sejumlah obat untuk membantu meningkatkan kesadaran Jupe.

Dokter juga mengurangi dosis obat penenang yang biasanya diberikan untuk Jupe sebagai pereda nyeri.

2. Pembekuan darah

Adik Jupe, Nia Anggia, mengungkapkan bahwa kakaknya mengalami pembekuan darah pada kandung kemihnya. Kondisi itu menyebabkan Jupe menjadi sulit buang air kecil.

Tak cuma itu, menurut Nia, pembekuan darah itu jugalah yang menjadi salah satu penyebab Jupe harus menjalani cuci darah hampir setiap hari.

[Baca juga: Julia Perez Alami Pembekuan Darah di Kandung Kemih]

3. Transfusi

Julia Perez juga rutin menerima transfusi darah. Pasalnya, produksi trombosit Jupe sangat rendah, begitu juga sel darah putihnya. Maka, salah satu cara menambahnya yakni lewat transfusi darah.

4. "Fitness"

Sudah sebulan ini Jupe tak bisa turun dari tempat tidur akibat kondisinya terus menurun. Agar otot-ototnya tidak menjadi kaku, perempuan kelahiran 15 Juli 1980 itu menjalani terapi gerak.

Jupe mulai rutin berolahraga alias fitness ringan di rajang rumah sakit sejak sepekan terakhir. Setiap dua jam sekali kaki, tangan, serta badan Jupe dimiringkan ke kanan dan ke kiri.

[Baca juga: Julia Perez Alami Pembekuan Darah di Kandung Kemih]

 

5. Pantangan utama

Jupe pantang mendapat kunjungan dari orang yang sedang sakit. Baik itu teman atau bahkan keluarga sekalipun, jika kurang fit maka dilarang menemui Jupe.

Alasannya karena daya tahan tubuh pemilik nama asli Julia Rahmawati itu sangat lemah. Berdekatan dengan orang yang sakit flu saja, Jupe bisa langsung tertular.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisAndi Muttya Keteng Pangerang
EditorKistyarini
Komentar
Close Ads X