Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Once: Kita Ini Punya Cahaya Baik

Kompas.com - 20/05/2017, 15:17 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Once Mekel menyanyikan lagu "Lilin-lilin Kecil" yang pernah dipopulerkan oleh mendiang Chrisye dalam konser bertajuk Kebangkitan Nasional di kawasan Taman Waduk Pluit, Jakarta Utara, Sabtu (20/5/2017).

"Lagu ini ingin mengingatkan bahwa kita ini punya cahaya baik, cahaya benar, cahaya kesadaran. Indonesia jauh dari kekerasan, jauh dari tindakan tidak toleran, ada satu kesadaran buat kita ingin hidup sebagai bangsa 1000 tahun lagi," kata Once.

"Meskipun siang ini enggak ada lilin. Tapi, cahaya itu ada buat kita sendiri," sambungnya sebelum mengelindingkan lagu tersebut.

[Baca: Tarian Usir Penjajah Meriahkan Konser Kebangkitan Nasional]

Once bak komando bagi seluruh penonton yang menyemut di depan panggung. Tidak hanya anak muda saja, para orangtua beserta anak-anak mereka larut mengikuti irama musik yang syahdu.

Sebelum melepas lagu kedua, Once yang mengenakan kemeja putih dengan kaos dalam hitam itu juga menyuarakan yel-yel kebangsaan.

"Halo Indonesia? Merdeka," kata Once.

"Sebenarnya saya cuma nyanyiin satu buah lagu. Mau lagi ya? Lagu yang saya nyanyiin ini bukan lagu saya. Iagu ini lagunya Kikan," kata Once lalu mengentakkan lagu "Bendera".

Konser Kebangkitan Nasional ini sebelumnya dibuka dengan mengumandangkan lagu "Indonesia Raya" yang dipandu oleh Tjut Nyak Deviana. Disusul kemudian dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh para pemuka dari lima agama di Indonesia.

Adapun sederet pengisi acara baik musisi nasional dan lokal ikut meramaikan acara yang digagas oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini. Mereka adalah Giring Ganesha, Maia Estianty, Tompi, Once, Cherrybelle, Katon Bagaskara, dan beberapa sanggar penari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com