Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanif Dhakiri Pilih Kikan Nyanyikan "Berkibarlah Indonesia"

Kompas.com - 20/05/2017, 20:39 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Kikan Namara merilis single terbarunya berjudul "Berkibarlah Indonesia" di Lounge XXI Plaza Senayan, Jalan Asia Afrika, Jakarta Pusat, Sabtu (20/5/2017), yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional.

Lagu bernuansa nasionalisme itu, diciptakan oleh Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri. Hanif menjelaskan, bahwa Kikan terpilih secara tidak sengaja.

Awalnya, Hanif menginginkan vokalis Kotak, Tantri untuk menyanyikan lagunya. Namun, karena suatu sebab hal itu tak bisa terwujud.

Kemudian Hanif bertemu Kikan ketika menghadiri acara bincang-bincang Mata Najwa di MetroTV. Setelah tampil bersama membawakan lagu "Bento" karya musisi Iwan Fals, Hanif pun menawarkan lagu yang diciptakannya untuk dinyanyikan oleh mantan vokalis band Cokelat itu.

"Kikan ternyata tertarik. Lagu ini saya persembahkan untuk Indonesia tercinta, untuk para pendiri bangsa dan rakyat. Indonesia itu rumah bersama dari semua untuk semua," kata Hanif.

Hanif mengungkapkan, bahwa lagu itu diciptakannya pada 2015 lalu. Lagu itu diciptakan di sela kegiatannya sebagai menteri.

"Pas pulang dari kantor jam 11-an malam genjrang-genjreng gitar. Biasanya emang gitaran bentar kalau pulang kantor. Suatu malam saya nemu ide notasi lagu yg enak diisi dengan lirik nasionalisme. Jadilah lagu 'Berkibarlah Indonesia' ," kata dia.

[Baca juga: Kikan Sambut Kebangkitan Nasional dengan Lagu ?Berkibarlah Indonesia?]

Sedangkan Kikan mengaku senang telah diberikan kepercayaan menyanyikan lagu milik seorang menteri. Kikan mengaku sempat tidak percaya, bahwa lagu itu diciptakan oleh Hanif.

"Jujur pertama kali dengar 'Ini benar nih mas Hanif yang bikin?' Sempat enggak percaya karena kan dia menteri. Pas aku dengar, langsung bilang 'Kita duet ya'. Tapi, dia enggak mau, bilangnya saya aja," kata dia.

Kikan berharap, lagu ini dapat diperdengarkan secara luas di pelosok negeri. Ia ingin hati para rakyat tergerak lagi rasa nasionalismenya.

Adapun lagu bergenre pop rock itu diproduseri dan diaransemen oleh duet Daniel Samarkand dan Fia Fellow.

Mereka melibatkan Rama Moektio (drum), Rival Himran (bas), Pandu (gitar), Daniel (gitar), Fia Fellow (gitar), Fei Rahman dan Daniel (piano). Proses rekaman mulai dari mixing hingga mastering selesai pada April 2017 lalu.

[Baca juga: Kikan Namara, Semangat Kemerdekaan dan Album Baru]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com