Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cita-cita Tohpati, Gubah Ulang Lagu-lagu Anak

Kompas.com - 24/05/2017, 15:07 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gitaris dan penulis lagu, Tohpati Ario Hutomo atau yang akrab disapa Tohpati, sudah malang melintang di industri musik Tanah Air sejak 1993 lalu.

Selama itu, puluhan lagu dan komposisi hits telah lahir dari petikan gitarnya. Kolaborasi dengan musisi papan atas juga tak terhitung.

Namun ternyata, Tohpati punya cita-cita terpendam yang ingin ia wujudkan. Apa itu?

"Cita-cita sih pengin mengaransemen lagu anak-anak. Lagu yang sudah ada, dibuat lagi musiknya yang indah. Jadi orang dewasa pun juga bisa nikmatin," katanya kepada Kompas.com usai tampil dalam Bentara Pentas Musik di Bentra Budaya Jakarta, Selasa (23/5/2017) malam.

[Baca juga: Peduli Lagu Anak, Kompas Gramedia Kembali Gelar Dendang Kencana]

Dua lagu yang ia ingin gubah ulang adalah "Balonku" dan "Burung Kakaktua". Tohpati bahkan sudah pernah mengunggah videonya memainkan lagu-lagu itu dengan aransemen jazz dalam Instagram-nya.

"Ternyata animonya banyak banget. Jadi lagu anak-anak tuh bisa dikembangin sedemikian rupa, enggak hanya anak-anak suka, tapi orang yang main gitar suka, ibu-ibu suka," ujarnya.

[Baca juga: Seberapa Banyak Penulis Lagu Anak di Indonesia?]

Keinginannya memoles ulang musik lagu-lagu anak Indonesia berangkat dari keprihatinan Tohpati sebagai orangtua sekaligus musisi terhadap hiburan untuk anak-anak.

"Saya kan orangtua. Jadi waktu ada pensi di mana-mana, saya sedih ngeliatnya. Mereka dance, lagunya cinta-cintaan. Atau enggak lagunya anak-anak tapi musiknya sangat tidak representatif, sangat tidak memancing brain mereka untuk mengasah intelektualitasnya," katanya.

[Baca juga: Jika Ingin Mencipta Lagu Anak, Kenali 4 Cirinya?]

Rencananya Tohpati akan merilis album berisi lagu-lagu anak dengan komposisi musik yang baru itu pada 2018 mendatang.

"Iya (bikin album), tahun depan sih," ujar ayah dua anak ini.

"Sama album rohani. Saya belum pernah bikin album rohani hehehe. Tahun depan harusnya. Pokoknya tahun depan dua itu," tambahnya seraya tersenyum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com