Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenangan BTS di Billboard Music Awards 2017 Bikin Asia Dilirik Dunia

Kompas.com - 24/05/2017, 16:21 WIB
Sintia Astarina

Penulis

Sumber BuzzFeed

KOMPAS.com - Kemenangan boyband asal Korea Selatan, Bangtan Boys alias BTS menjadi sejarah baru di dunia musik, terutama di Asia.

Pasalnya, BTS merupakan satu-satunya nomine dari Asia dan merupakan artis pertama yang mampu membawa pulang penghargaan Billboard Music Awards (BBMAs) 2017 beberapa waktu lalu.

Dengan perolehan sekitar 321 juta suara, BTS dinobatkan sebagai Top Social Artist di BBMA 2017.

"Kami masih tidak bisa percaya bisa berdiri di panggung Billboard Music Awards," kata Rap Monster mewakili teman-temannya saat menerima penghargaan tersebut.

Kemenangan mereka membuat banyak orang penasaran tentang sosok BTS, orang Asia yang mampu membawa nama Asia di panggung BBMAs 2017 itu?

Menyusul kemenangan itu, banyak pengguna media sosial yang mengungkapkan bahwa mereka tidak tahu siapa itu BTS.

Pelantun "Spring Day" ini sampai disebut "Orang-orang Asia itu".

Salah satu warganet menulis, "Bukannya bermaksud ingin rasis, tapi Anda tak melihat satupun penyanyi atau band asal Amerika yang terlibat dalam acara penghargaan di Korea. Jadi, BTS mohon kembali saja ke Korea".

Cheyenne Taveras-Ramirez (19), salah satu penggemar mengatakan kepada BuzzFeed siapa sebenarnya BTS itu.

"Aku ingin orang-orang tahu bahwa BTS itu lebih dari sekadar grup boyband Korea Selatan. Mereka bekerja sanvat keras untuk mendapatkan apa yang mereka miliki hari ini," ujarnya.

Ia menyarankan agar siapa saja yang belum familiar dengan musik BTS untuk bisa mendengarkan langsung. "Mereka luar biasa berbakat," tambahnya.

Warganet lainnya mengingatkan bahwa kemenangan para musisi di BBMAs 2017 ini bukan hanya milik orang-orang Amerika saja. Ada dunia lain di luar itu.

Di sisi bersebelahan, banyak orang menganggap bahwa pelantun "Not Today" ini juga seperti One Direction versi Asia lamtaran BTS banyak menuai pujian.

"Ini adalah BTS. Bukan One Direction-nya orang Asia atau saudaranya PSY. Mereka bekerja sangat keras untuk bisa sampai ke sini dan aku sangatlah bangga," tulis pemilik akun @taehyungpics.

Di balik pro dan kontra kemenangan BTS, ada hal menarik yang menjadi highlight, yakni representasi Asia dalam industri musik, media, juga budaya pop. Pemilik akun @etherealfool memuat screenshot beberapa kicauan yang dilihatnya di Twitter.

Halaman:
Sumber BuzzFeed
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com