Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Unik Pembuatan Album Keempat Geisha

Kompas.com - 24/05/2017, 22:38 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Album keempat grup band Geisha sebentar lagi dirilis. Nantinya ada 12 lagu yang akan mengisi karya musik baru dari band asal Pekanbaru itu.

Tetapi jauh sebelum itu, Momo (vokal), Roby (gitar), Nard (bas), Dhan (keyboard), dan Aan (drum) ternyata perlu bersemadi dulu di Puncak, Bogor, Jawa Barat.

"Proses pembuatannya udah berlangsung dari 2016. Di mana kami waktu itu dikumpulkan di satu tempat yang memang jauh dari keramaian, lokasinya di Puncak, Jawa Barat," ujar Momo saat berkunjung ke redaksi Kompas.com di gedung Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta, Selasa (23/5/2017).

"Kami niat banget kumpul di sana untuk menggodok materi baru dalam album," imbuhnya.

Di sana, mereka benar-benar fokus mencari inspirasi lirik dan musik. Momo dkk ketika itu berangkat dengan kepala kosong alias belum punya ide materi lagu sama sekali. Mereka cuma berbekal alat-alat musik, buku, pulpen, plus turntable sebagai penyemangat di kala bosan.

"Senyamannya kami. Pagi habis sarapan mau pegang alat, ada yang mau ke kebun teh dulu curhat masalah pribadinya. Yang penting kami happy, enggak boring. Ada suatu hari kami males, berenang. Sekalinya niat, bisa sampai subuh loh," timpal Aan.

Selama seminggu 'bersemadi' mencari wangsit untuk album mereka, akhirnya Geisha berhasil melahirkan 10 lagu baru. Tiap-tiap personel menyumbang satu atau dua lagu. Mereka pun pulang ke Jakarta dan melakukan rekaman.

Hanya saja, seiring berjalannya waktu, ada beberapa bagian yang membuat Geisha kurang puas, terutama masalah aransemennya.

"Kemarin kami hearing lagi, terus ada dua atau tiga lagu yang kami pikir mending hold sebentar, kami masuk studio lagi, ada yang mesti kami tambahin," ucap Aan.

"Salah satunya misalnya kayak lagu ciptaan Momo, itu pure kami bikin remix, tapi tetep ada drum sama gitar. Udah selesai kan, pas kami lihat lagi, 2017 ternyata musik elektro itu udah berubah. Akhirnya kami hapus, kami ganti lagi. Kami juga tidak boleh menutup mata, kami cari referensi, besok yang bakal booming (musik) apa," tambahnya.

Karena itu, Geisha belum dapat menentukan kapan album keempat itu bakal rilis.

"Kami nunggu meeting final dulu. Nanti di situ baru kami bahas masih ada yang kurang apa enggak, kalau udah tentuin singelnya apa. Jadwalin video clip mana, promonya gimana. Bulan puasa ini diisi dengan recording," ujar Aan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com