Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Jayakarta Group Reborn", Cita-cita Terakhir Cahyono

Kompas.com - 25/05/2017, 18:57 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Putra mendiang pelawak Cahyono, Agung, mengungkapkan ayahnya memiliki satu cita-cita yang belum sempat terwujud. Apa itu?

"Ingin membuat film Jayakarta Group Reborn," katanya usai pemakaman Cahyono di TPU Komplek TVRI, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (25/5/2017) sore.

Jayakarta Group adalah nama kelompok lawak di mana Cahyono pernah tergabung bersama Jojon, Esther, dan Uuk. Grup ini mengalami masa jaya pada era 1980-an hingga awal 1990-an. Namun tak lama, Jojon memilih hengkang.

Agung melanjutkan ide awal pembuatan film Jayakarta Group Reborn ini muncul di kepala ayahnya sejak tahun lalu. Namun, baru beberapa waktu belakangan mereka melakukan menjalin kerja sama dengan sebuah rumah produksi.

"Sudah tahap final sebetulnya, sudah dalam tahap peresmian. Almarhum bapak berpesan supaya bisa kembali menaikkan Jayakarta Group. Antusiasmenya cukup besar sih untuk pembuatan Jayakarta Group Reborn," ucap Agung.

Sebelum meninggal pun, ayahnya sudah beberapa kali bertemu dengan rumah produksi tersebut untuk berdiskusi tentang karakter Jayakarta Group yang ingin diangkat.

Karena namanya 'reborn', lanjut Agung, berarti karakter almarhum ayahnya dan rekan-rekannya akan diperankan oleh orang lain.

"Tapi tidak akan hilang khasnya almarhum, om Jojon, om Uuk. Kami belum terlalu detail soal itu dengan rumah produksinya, tapi sudah berkomunikasi dengan kami mengenai kandidat-kandidatnya," kata Agung.

[Baca juga: Kata Anak, Cahyono Meninggal dalam Tidur]

 

Kendati Cahyono kini telah tiada menyusul pelawak Uuk dan Esther yang lebih dulu berpulang, Agung menegaskan akan meneruskan cita-cita sang ayah.

"Ke depannya pasti kami pihak keluarga yang akan meneruskan apa yang sudah dicita-citakan oleh almarhum. Saya akan merealisasikan dan menuntaskan apa yang sudah dicita-citakan," ucapnya.

Cahyono meninggal dunia dalam tidurnya, Kamis (25/5/2017) siang tadi. Sebelumnya ia menderita komplikasi penyakit stroke, jantung, dan diabetes. Ia meninggalkan empat anak dan satu cucu.

[Baca juga: Sebelum Meninggal, Cahyono Minta Es Krim]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com