Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Menarik dari Nirvana yang Mungkin Anda Belum Ketahui

Kompas.com - 26/05/2017, 23:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, mungkin Nirvana adalah sebuah band Amerika Selatan biasa. Namun, bagi sebagian orang lainnya, Nirvana adalah band rock yang sangat luar biasa karena memberikan dampak yang cukup besar bagi industri musik dunia hingga kini.

Kurt Cobain, Krist Novoselic dan Dave Grohl mungkin tak pernah menyangka bahwa mereka akan menorehkan sejarah dengan album-album Nirvana yang mereka buat, apalagi
Nevermind, yang dinobatkan sebagai salah satu album terbaik di dunia.

[Baca juga: 20 Lagu Nirvana yang Paling Sering Diperdengarkan ]

Dalam artikel yang dipublikasikan hai.grid.id pada Jumat (26/5/2017) disebutkan beberapa fakta menarik tentang band yang terbentuk di Aberdeen, Washington itu. Berikut ini faktanya:

1. Sebelum mereka setuju untuk memberikan nama Nirvana dan menjadikannya sebagai nama band, Kurt Cobain sebagai frontman dan vokalis pernah juga menggunakan nama-nama Fecal Matter; Pen Cap Chew; Bliss hingga Skid Row.

2. Pada tahun 1988, Nirvana menandatangani kontrak dengan label rekaman Sub Pop dan merilis sebuah lagu berjudul "Love Buzz". Sebenarnya, lagu itu adalah lagu milik band Belanda bernama Shocking Blue.

3. Album Nirvana yang bertajuk Nevermind berhasil mengalahkan album milik Michael Jackson, Bad, di tangga lagu dunia. Akhirnya, Nevermind bertengger di nomor satu dalam daftar tangga lagu dunia selama 252 minggu!

4. Kurt menikah dengan istrinya Courtney Love pada 24 Februari 1992 di Hawaii. Saat itu, Krist Novoselic, pemain bas Nirvana, sedikit ngambek kepada mereka dan tidak mau hadir dalam pesta pernikahan itu.

5. Sebuah shotgun yang digunakan Kurt Cobain untuk mengakhiri hidupnya sendiri pada 5 April 1994. Ia mendapatkan senjata api ini dari seorang teman bernama Dylan Carlson. Saat itu, Kurt mengatakan bahwa ia membutuhkan shotgun untuk membela diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com