Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Cosplayer" dari Indonesia Tampil di Ajang Megacon Orlando 2017

Kompas.com - 29/05/2017, 23:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika kebanyakan orang berfikir tentang cosplayer profesional, maka akan ingat dengan para mega-cosplayer China dan Jepang.

Namun, semakin berkembang dan semakin populernya para peminat cosplayer, Indonesia juga memiliki seorang bintang cosplayer profesional, yakni Alston Stephanus.

Alston membuat sebuah gebrakan dengan ikut tampil di acara Megacon yang bertaraf internasional di Orlando, Amerika Serikat pada 25-28 Mei 2017 lalu.

Kehadiran Alston di acara Megacon Orlando 2017 tidak sendirian, ia mengajak rekan cosplay Megacon-nya, Tank Tana Karo.

Tank Tana Karo dan  Alston telah menampilkan cosplayer versi Ash dan Misty dengan tampilan warna-warni khas Pokemon, petualangan Time Finn dan Lady Rainicorn, Spider-Man dan Spider Gwen, dan masih banyak lagi.

Alston mengatakan, bisa memamerkan hasil karya cosplay-nya di luar negeri merupakan sebuah pengalaman yang sangat menarik.

"Dengan ikut serta di dunia cosplaying dunia menghasilkan sebuah efek yang sangat positif," katanya, Senin (29/5/2017).

Alston tidak memungkiri bahwa dirinya telah dikenal di Indonesia terutama kalangan pecinta cosplayer, dan bahkan sering menjadi orang Indonesia pertama yang mereka (pecinta cosplayer) temui.

Ketertarikan Alston membuat cosplayer terlihat sejak dirinya mengikuti acara cosplay di San Diego Comic Con 2013 lalu. Sejak saat itu dirinya benar-benar terpikat dan jatuh cinta pada cosplayer.

Sejak itu ia mulai menciptakan beberapa cosplay multi-faceted mulai dari Megaman R2-D2 mash-up, kemudian seekor Steampunk yang mengilhami Crocodile dari Peter Pan, lalu Genderbent Princess Mononoke, Maleficent, dan Belle dari Beauty & the Beast.

Baru-baru ini dia juga menjadi tamu di Comic Con 2016 di mana dia tidak hanya menjadi panel, berbagi kepiawaian cosplay-nya, namun juga bertemu dengan penggemar dan memamerkan cosplay Hiro Hamada yang mengesankan.

Cosplay Hiro Hamada terbuat dari fiberglass, pembuatan armor sendiri butuh waktu lebih dari setahun.

Berikutnya adalah San Diego Comic Con dan kemudian dia akan tampil di Seoul Comic Con, komik pertama Korea Selatan, sebagai tamu cosplay.

Penghargaan masa depan tambahan termasuk menjadi finalis untuk Disney D23 Star Wars Mousequerade dan perancang unggulan di The Masterpiece Strikes Back, sebuah peragaan busana di Jakarta yang berasosiasi dengan LucasFilm yang mengarah ke Star Wars: The Force Awakens.

Dia membawa keragaman dan pengakuan untuk Asia Tenggara ke dunia cosplay di Barat, dan melakukannya dengan sangat terampil.

Meski demikian, Alston berangkat dari seorang  perancang mode dan aksesoris yang professional juga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com