Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minahasa Tampilkan Seni-Budaya di California

Kompas.com - 30/05/2017, 13:25 WIB
Jodhi Yudono

Penulis

Sumber ANTARA

MINAHASA, KOMPAS.com--Tim Kesenian Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menampilkan atraksi kesenian dan budaya di California, Amerika Serikat.

"Hal ini untuk memeriahkan pagelaran Seni dan Budaya "Minahasa Cultural Night 2017" bertempat di Withmer Auditorium Colton High School, 777 W Valley Boulevard, Colton California, Amerika Serikat," kata Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo melalui siaran pers di Tondano, Minggu.

Tim kesenian Pemerintah Kabupaten Minahasa binaan Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow dan Ketua TP-PKK Olga Sajow-Singkoh.

Tim yang terdiri dari para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab dan anggota Ikatan Waraney dan Wulan Minahasa (IWWM) akan mementaskan tarian Maengket, Pisok, Uka, Komandong dan Katrili.

Kemudian, katanya, tim Kolintang akan menampilkan lagu-lagu daerah Minahasa, lagu nasional dan lagu pop popular, serta peragaan fashion show dengan pakaian batik khas daerah Minahasa di acara spektakuler yang diketuai oleh Denny Sondakh, Sekretaris Joice Langie dan Bendahara Hengry Mendur ini.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo didampingi Plh Sekdis Disbudpar Jimi Pinangkaan dan Kabid Kebudayaan Mellisa Rondonuwu, Kabid Kesenian Letty Purukan serta Kasie Pelayanan Informasi Cecilia Sitompul menyampaikan, tim yang sebelumnya telah mempromosikan seni dan budaya Minahasa melalui tarian Maengket di puncak Grand Canyon National Park, Arizona USA pada Kamis (25/5) 2017.

Serta tampil mempesona di Las Vegas Sign, Fabulous Nevada pada Jumat (26/5) 2017, telah siap untuk tampil terbaik dalam pergelaran seni dan budaya Minahasa di Colton California ini.

Diuraikan Tumundo, tim yang dipimpin oleh Sekkab Minahasa Jeffry Robby Korengkeng dan Asisten II Sekdakab Wilford Siagian, dengan Koordinator Tim Plt Kadis Budpar Agustivo Tumundo, Sekretaris Plh Sekdis Jimi Pinangkaan, Wakil Sekretaris Kabid Kesenian Letty Purukan dan Bendahara Kabid Kebudayaan Mellisa Rondonuwu.

Rombongan ini hadir di negara Paman Sam dengan mengantongi izin dari Menteri Dalam Negeri yang ditandatangani oleh Dirjen Otda Sumarsono.

Selain itu rekomendasi dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey nomor 098/1342/Sekr-Ro.Pemotda tertanggal 9 Mei 2017 dan Persetujuan Perjalanan Dinas Luar Negeri dari Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara dan izin lainnya.

Ditambahkannya, disamping itu tim yang juga didampingi oleh Kadis Kebudayaan Provinsi Sulut Frederik Rotinsulu, Asisten I Denny Mangala, Kadis PMD Djefri Sumendap Sajow, Ketua DPD KNPI Minahasa Nicky Josiah Sajow, Staf Khusus Bupati Minahasa Bidang Pariwisata Meksi Sahensolar.

Kemudian juga Ketua Dharma Wanita Persatuan Minahasa Seeve Korengkeng-Warouw, Sekretaris TP-PKK Minahasa Alda Kusoy-Manampiring, Ketua Dharma Wanita Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Minahasa Daisy Tumundo-Tampi dan beberapa anggota Dekab Minahasa diantaranya Rommy Leke dan Piere Makisanti dari Fraksi PDIP, Imelda Novita Rewah dan Oklen Waleleng dari Fraksi Golkar, serta Joan Retor dari Fraksi Demokrat.

Adapun tim kesenian yang siap tampil ini terdiri dari unsur penari yaitu Megumi Geraldia Kusen, Friska Rosels Tani, Natasha Gabriela Sumual, Claudia Stefani Laki, Ribka Mielly Mandagi, Diane Christine Rantung, Fellia Frilova Lalogiroth, Derien Valentino Saerang, David Yosua Kussoy, Gerry Kumentas, Valdano Yohanes Sajow dengan Pelatih Johanis Sonny Pantouw dan Ruddy Epong Mende.

Kemudian unsur pemain kolintang yakni Jaris Banua, Lendy Singkoh, Ferry Darosa, Ferry Karundeng, Jhonly Sumalu, Harvey Tommy Rotinsulu, Herke Mokolensang dan Dedit Telaumbanua dengan unsur penyanyi yaitu Regina Sumarauw dan Cecilia Sitompul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com