Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KBRI Zagreb Akan Putar 5 Film Indonesia

Kompas.com - 30/05/2017, 22:11 WIB
Irfan Maullana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak lima film Indonesia akan tayang di dua bioskop di negara Kroasia pada pergelaran Indonesian Movie Week (IMW) yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Zagreb pada 2-7 Juni 2017.

Kelima film tersebut adalah Gending Sriwijaya, Kisah 3 Titik, Sunya, MARS, dan Labuan Hati.

Kegiatan IMW merupakan yang kali pertama diadakan sejak KBRI Zagreb dibuka pada 2010 lalu. Duta Besar Indonesia untuk Zagreb, Syachroedin Zainal Pagaralam mengatakan, IMW 2017 merupakan sarana sosialisasi program KBRI Zagreb.

"Film merupakan media promosi budaya yang sangat efektif, karena mengandung nilai hiburan dan dapat dinikmati oleh banyak kalangan. Masyarakat Kroasia menyukai film-film asing, itu bisa dilihat dari kegiatan festival di beberapa kota selama ini. Pemutaran film Indonesia nanti semoga mendapat sambutan masyarakat di sini," kata Syachroedin melalui siaran pers Selasa (30/5/2017).

IMW 2017 di Kroasia diinisiasi oleh beberapa pihak dari Indonesia yaitu sutradara film Bambang Drias bersama produser Dhoni Ramadhan.

Menurut Bambang, IMW 2017 merupakan pilot project dari kegiatan Indonesia Movie Week yang akan dilaksanakan di beberapa negara.

"IMW di Kroasia ini proyek percontohan dari acara yang akan kami adakan di Amerika dan China," kata Bambang yang menyutradarai film Erau Kota Raja, Romansa: Gending di Tanah Turki, The Promise, dan lain-lain.

Bioskop Zagreb dan Split

Kelima film tersebut akan diputar gratis untuk masyarakat Kroasia, termasuk masyarakat Indonesia yang ada di negara eks perang Yugoslavia tersebut. Pemutaran film dijadwalkan di bioskop Kino Tuskanac (Zagreb) dan Kino Zlatna Vrata (Split).

Selain menayangkan film, selama IMW juga akan berlangsung kegiatan diskusi dan workshop tentang industri perfilman Indonesia, dengan mengundang narasumber sineas dan produser dari Kroasia dan Indonesia.

Delegasi dari Indonesia untuk IMW di Kroasia terdiri dari Slamet Rahardjo (aktor), Dhoni Ramadhan (produser), Harry Dagoe Suharyadi (produser dan sutradara), Lola Amaria (aktris, produser dan sutradara), Ineke Indriyani Muchari (produser Balinale), Erini Mutia Yufada (artis) Dian Permata (Produser), dan Sanggupri (Pusbangfilm Kemdikbud).

"Kami berharap dari IMW kali ini ada sinergi antarsineas Indonesia dengan Kroasia, sehingga terbuka peluang joint produksi film kita dengan Kroasia," kata Lola Amaria, yang kali membawa dua filmnya Labuan Hati dan Kisah 3 Titik.

Dipilihnya kelima film selain memiliki nilai hiburan juga akan menunjukkan sisi budaya serta alam Indonesia kepada Kroasia.

Kegiatan IMW mendapat dukungan antaranya dari Turkish Airlines, Hotel Dubrovnik, Cinema XXI, Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, dan Forum Pewarta Film.

Keikutsertaan Gending Sriwijaya (film berlatarbelakang sejarah) diproduksi oleh Pemprov Sumatera Selatan. Dalam pergelaran Indonesian Movie Week di Kroasia, Pemda melalui Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) Sumsel dan Bank Sumselbabel ikut mendukung dan mensponsori sebagai wujud dukungan daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com