Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Terakhir Yana Zein kepada Asistennya

Kompas.com - 01/06/2017, 13:15 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Yana Zein (50) meninggal dunia akibat kanker payudara stadium empat, Kamis (1/6/2017) dini hari.

Beberapa hari sebelum berpulang, Yana mengucapkan pesan kepada asistennya, Nita. Itu seakan menjadi pesan terakhir Yana, pasalnya setelah Senin (29/5/2017) hingga hari ini, Nita tak pernah lagi bertemu Yana, karena ia berada di Lampung.

"Dia selalu bilang 'Sus kamu harus banyak minum air putih', 'iya' saya bilang gitu. Terus dia nasehatin saya," kata Nita saat dihubungi per telepon, Kamis siang.

Kemudian, pada Senin pagi itu, sehari sebelum Yana dilarikan ke rumah sakit karena kondisinya menurun, Yana meminta Nita memijat kakinya.

"Jam 10 pagi, saya pulang ke Lampung Senin sore. Terus pas di China, kalau aku mau ke kamar mandi, mau cuci muka malam, dia bilang 'suster peluk saya'," ucap Nita.

"Aku tuh merasa mbak Yana nih kenapa jadi kayak gini, biasanya enggak. Ternyata jawabannya sekarang," tambahnya sambil terdengar menahan tangis.

[Baca juga: Sebelum Tutup Usia, Yana Zein Sudah Beri Tanda-tanda]

Pada 30 Januari 2017, Yana berangkat ke China untuk menjalani cryosurgery, yakni penggunaan suhu dingin dan panas yang ekstrim untuk memusnahkan jaringan sel kanker.

Setelah empat bulan, ia kembali ke Tanah Air dengan kabar bahwa kesembuhannya sudah mencapai 75 persen. Namun takdir berkata lain, Yana berpulang setelah sempat koma di RS Mayapada, Jakarta Selatan, Kamis pukul 01.05 WIB.

[Baca juga: Mengapa Yana Zein Mengaku Sehat Sebelum Meninggal?]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com