Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CD Album Bukti Sejarah Rock Kontemporer Indonesia Ini Dirilis

Kompas.com - 04/06/2017, 17:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Setelah dirilis ulang pada 17 Maret 2017 oleh La Munai Records dalam bentuk piringan hitam atau vinil, album grup band legendaris asal Bandung, The Gang of Harry Roesli, Philosophy Gang, juga dirilis dalam bentuk cakram padat untuk pasar Indonesia.

Selain di Indonesia, CD album tersebut juga akan dicetak dan diedarkan untuk pasar Jepang.

Album Philosophy Gang milik The Gang of Harry Roesli adalah salah satu bukti sejarah musik rock kontemporer Tanah Air. Album ini pernah masuk dalam 150 Album Terbaik Indonesia Sepanjang Masa versi Rolling Stone Indonesia tahun 2007.

Baca juga: Menyimak Kembali Harry Roesli

Lagu "Malaria" yang ada di album ini tak luput dari daftar 150 Lagu Terbaik Indonesia Sepanjang Masa versi majalah Rolling Stone Indonesia tahun 2009.

Sementara nama Harry Roesli sebagai musisi masuk dalam 25 Artis Indonesia Terbesar Sepanjang Masa versi majalah Rolling Stone Indonesia tahun 2008.

Album Philosophy Gang milik The Gang of Harry Roesli pertama kali dirilis Lion Records, sebuah label dari Singapura, pada 1973, tetapi ternyata tidak dijual secara umum.

Empat puluh empat tahun kemudian, tepatnya 17 Maret 2017, album ini dirilis dan diedarkan kepada publik musik di Indonesia dalam format piringan hitam.

Baca juga: Album Philosophy Gang Kembali Dirilis dalam Format Piringan Hitam

Format piringan hitam juga diedarkan di Jepang serta beberapa negara di Eropa dan Amerika Serikat.

"Bukan semata-mata untuk memenuhi demand saja, dirilisnya piringan hitam ini juga bertujuan memperluas informasi bahwa Indonesia punya musisi genius seperti Harry Roesli dan album ini," ucap Rendi Pratama dari Lamunai Records.

Format digital
Demi mengenalkan sosok Harry Roesli dan musiknya yang khas lewat album Philosophy Gang ini, album ini juga tersedia dalam format digital lewat layanan musik streaming.

"Agar penikmat musik, terutama anak muda, bisa tahu akan keberadaan album-album Indonesia pada masa lalu, termasuk album Philosophy Gang," lanjut Rendi.

Selanjutnya, La Munai bekerja sama dengan Irama Nusantara, sebuah yayasan pengarsipan musik populer Indonesia, telah mempersiapkan sebuah film dokumenter tentang perjalanan atau proses di balik album tersebut dengan tajuk Your Fantasy Right Here.

Film tersebut di jadwalkan rilis akhir tahun ini. (*/DOE)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 4 Juni 2017, di halaman 28 dengan judul "Album "Philosophy Gang" Dirilis dalam Format CD".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com